January 22, 2021
Pernik

Pentas Pramusti di Denfest ke-13
Rahman : Musisi dan Seniman Wajib Melek Teknologi di Masa Pandemi

Gelaran Denpasar Festival ke-13 dalam channel kreativi.id kembali menghadirkan sajian pentas berkualitas. Pada Minggu (13/12) malam turut menghadirkan Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Insan Seni (Pramusti) Bali. Selain membawakan hiburan lagu-lagu, turut dilaksanakan talkshow dengan berbagi kiat bagi musisi untuk tetap produktif di masa pandemi saat ini. Sebagai narasumber Ketua Pramusti Bali, IGN Rahman Murthana dan Made Adnyana. Selain itu, turut tampil menghibur penonton musisi Bali yakni Dewi Pradewi, Anggi, Tri Puspa, Agung Wirasuta, Inda Prameswari, D GO Vespa, Saraff Four United, Vitix Coustic dan Dewa Sujana.

Dalam kesempatan tersebut Rahman Murthana menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 yang mewabah saat ini memang memberikan dampak serius bagi kesehatan dan perekonomian masyarakat. Sebagai insan yang bergantung pada sektor pariwisata, musisi sangat merasakan dampak mewabahnya pandemi Covid-19 saat ini. “Dulunya bisa aktif bernyanyi dan mengisi acara konser dan lain sebagainya, namun saat ini karena dilarang berkerumun maka sangat sulit menggelar konser dan hiburan yang dampaknya sangat dirasakan oleh musisi dan seniman saat ini,” jelasnya.

Pun demikian lanjut Rahman bahwa seniman dan musisi hendaknya terus berusaha dan survive dengan situasi saat ini. Dimana, derasnya arus modernisasi yang diiringi dengan perkembangan digitalisasi harus ditangkap dengan baik oleh musisi dan seniman. “Seniman dan musisi hendaknya jangan gaptek, harus melek teknologi, inilah yang kiranya menjadi solusi untuk tetap produktif di masa pandemi saat ini,” jelasnya.

Rahman menjelaskan bahwa dengan tekonologi seniman dan musisi dapat menghadirkan chanel atau kanal. Seperti halnya pelaksanaan denfest kali ini yang digelar secara virtual. Sehingga seniman dan musisi dapat terus berkarya dan mengundang pengunjung atau penonton secara virtual. “Saya kira sudah banyak yang menerapkan konser-konser virtual, dan ini menjadi sebuah wahan baru bagi seniman untuk berkreatifitas, dan ini harus dimaksimalkan di masa pandemi saat ini,” jelasnya.

Rahman juga berpesan bahwa Pemkot Denpasar telah memberikan ruang eksplorasi di denfest ke-13 tahun ini. Tentunya hal ini harus dilanjutkan dengan event-event baru kedepanya. Sehingga industri musik dan seni di Bali dapat tumbuh meski dalam kertebatasan. “Jadi kita harus terus semangat dan berkreatifitas, saat situasi saat ini kita harus melek teknologi dan memanfaatkannya sebagai peluang baru,” pungkasnya. [B/*].

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *