June 30, 2022
Ulasan

Resurrection Global Humanity

Kebangkitan global manusiawi merupakan sebuah issue yang terjadi pada paska Pandemi. Jika di selusuri dalam contoh kasus ini dalam kehidupan manusia Indonesia memiliki reference yang dinamakan dengan istilah gotong royong, hal ini di mulai pada jaman kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Istilah ini dipergunakan oleh masyarakat Indonesia yang berlindung, berkehidupan dalam semangat perjuangan saat itu di lingkungan masyarakat.

Contoh kasus hal ini merupakan suatu disiplin hidup yang dijabarkan sebagai suatu bentuk sikap tenggang rasa, peduli dengan lingkungan hidup hayati.saling tolong menolong dan saling menjaga persatuan dalam bernegara Dan menjadi kesatuan masyarakat dunia umumnya.

Inti dari adanya suatu disiplin ini, sampai sekarang masih dapat disaksikan melalui suatu petistiwa adat istiadat, silaturahmi dan adanya suatu ritual, yang mewakili sikap tersebut, upacara dan acara sosialisasi yang berhubungan dengan kegiatan umum.

Krisis kemanusiaan paska Pandemi merupakan rujukan sejarah kehidupan manusia dengan lingkungan nya, hal ini tentunya merupakan kesadaran dan bukan hanya action. Dalam paska Pandemi banyak hal dan contoh kasus hidup bisa terjadi, point dalam hal ini ialah wilayah kerjasama, misalnya, pristiwa adat istiadat dan saya mengikuti berita dari sahabat yang terjun langsung dalam tindakan sosialisasi manusia, di lingkungan ini saya dengar sangat baik.

Resurrection Global Humanity

Dalam lingkungan hidup saya di Bali dalam paska pandemi atau bukan, dalam kehidupan sehari- hari atau melalui pristiwa adat istiadat Hindu di Bali hal ini sangat mudah di jumpai di lingkungan sekitar, ketika ada suatu peristiwa adat istiadat, secara konsep traditional ilmu dan disiplin mengenai hal tolerance terjadi, gotong royong merupakan kesadaran, suatu bentuk ajang sosialisasi manusia dengan lingkungan hidupnya.

Misalnya, dalam setiap upacara di Bali secara kelompok atau massa, hal ini masih terjaga dalam study kasus seni dan budaya, rasa kebersamaan dalam suatu ritual acara upacara di tempat suci, pura atau ritual adat istiadat. Dikenal dengan adanya adat Pria dan adat Wanita yang memiliki sifat kerja di masyarakat sexual fungsinya masing-masing, adat Pria lebih pada wilayah kerja fisik mengolah bambu dan lain-lainnya. Adat Wanita lebih pada tatanan upacara, yadnya, janur dan lainnya.

Kebangkitan global adalah kesadaran hidup untuk selalu berprilaku baik, etika yang bijaksana dan terjadi nya pesan moral untuk kehidupan. [B/*]

I Kadek Dedy Sumantra Yasa

Pelukis asal Apuan, Tabanan

Related Posts