Walikota Jaya Negara “Nopeng Arsa Wijaya”

 Walikota Jaya Negara “Nopeng Arsa Wijaya”

Meski memiliki kesibukan dalam urusan pemerintahan ataupun melayani masyarakat di Kota Denpasar, Walikota, IGN. Jaya Negara masih memiliki waktu untuk “ngayah” (melakukan pekerjaan dengan tulus ikhlas). Kali ini, orang nomer satu di Kota Denpasar itu ngayah nopeng (menari topeng) Arsa Wijaya di Pura Dalem Batan Dulang Pohgading, Ubung Kaja. Kegiatan ngayah itu dalam upacara “ngiringang” Ida Bhatara Sakti matapakan Barong Napak Pertiwi atau ngider desa bertepatan dengan hari Suci Kuningan, Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu 14 Januari 2023.

Ritual napak pertiwi diawali dengan menggelar pacaruan di perempatan desa bertujuan nyomia Bhuta Kala. Selanjutnya nedunang Ida Bhatara Sakti dan napak pertiwi yang ditandai ngider desa agar Ida Bhatara Sakti yang diempon selama ini memberkati keselamatan dan membentengi keselamatan di wewidangan desa dari segala bentuk musibah, sehingga seluruh warga Desa Adat terhindar dari ancaman bahaya niskala. “Di samping itu, ngider desa, Ida Bhatara Sakti juga untuk memberkati kemakmuran dan kerahayuan kepada seluruh warga,” kata Bendesa Adat Poh Gading, AA Ngurah Ketut Suparta.

Usai ngayah nopeng, Walikota Jaya Negara mengatakan, selain untuk meningkatkan sradha dan bhakti masyarakat, khususnya krama pengempon Pura Dalem Batan Dulang. Pelaksanaan in juga diharapkan mampu memancarkan energi an aura positif di wilayah tersebut dalam menjalankan kehidupan sehari hari. “Ini merupakan Dharmaning Agama dan Dharmaning Negara. Tentu kami berharap kedepannya dengan dilaksanakannya upacara ini agar dapat memberikan manfaat yang positif, baik secara sekala maupun niskala bagi masyarakat Desa Adat Pohgading dan Kota Denpasar,” papar Walikota Jaya Negara. [B/*]

Baca Juga:  “Ngripta Prasi” Wimbakara Meriahkan Bulan Bahasa Bali 2021