Hotel Nikko Bali Bersih-bersih di Sekitar Lingkungannya

 Hotel Nikko Bali Bersih-bersih di Sekitar Lingkungannya

Pariwisata berkualitas itu adalah pariwisata yang bebas dari dari sampah plastik. Belakangan ini, sampah memang menjadi masalah utama bagi masyarakat luas, khususnya sampah plastik yang tidak mudah terurai. Karena itu, banyak pengelola hotel melalukan kegiatan bersih-bersih di sekitar lingkungannya. Termasuk Hotel Nikko Bali Benoa Beach yang kembali bergabung dalam acara bersih-bersih terbesar di Bali yang diadakan oleh One Island One Voice di tahun ke-7.

Sebanyak 20 karyawan penuh semangat melaksanakan aksi bersih-bersih itu, Sabtu, 19 Februari 2023. Bagai pasukan tempur, mereka bergerak mulai pukul 07.00 Wita memungut sampah di garis Pantai Benoa yang berada tepat di depan hotel yang memiliki 188 kamar dan suite itu. Aksi mereka yang tak pernah kendor itu, akhirnya berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 61 Kg yang terdiri dari kantong plastik, sedotan, botol plastik, styrofoam, botol gelas, kotak makan plastik, puntung rokok, dan masih banyak yang lain. Aksi bersih-bersih ini juga berhasil mengumpulkan sebanyak 6 Kg limbah B3.

Seperti tahun lalu, sampah mereka pungut dan kumpulkan, lalu dilaporkan kepada penyelenggara acara yaitu One Island One Voice melalui lembaran survei yang bisa diisi secara Dalam Jaringan (Daring). “Setelah kami pilah sampah yang paling banyak adalah kantong plastic dan plastic kemasan. Bahan-bahan tersebut tidak ada di alam, oleh karena itu, tidak ada organisme alami yang dapat menguraikannya secara efektif,” ungkap General Manager Hotel Nikko Bali Benoa Beach, Takashi Hoshino.

Untuk itu, langkah yang dijalankan adalah dengan mengurangi penggunaan plastic sekali pakai. Saat ini Hotel Nikko Bali Benoa Beach menggunakan sedotan berbahan selain plastic. Tidak lagi menyediakan sendok dan garpu berbahan plastic untuk makanan yang dibawa pulang. “Kami juga tidak lagi menyediakan air kemasan botol plastic di kamar-kamar tamu,” ungkapnya serius.

Baca Juga:  THE 1O1 Bali Fontana Seminyak Buat Pohon Natal Ramah Lingkungan di Musim Perayaan 

Takashi Hoshino mengatakan, sangat paham, apa yang dilakukan ini merupakan hal kecil. “Namun, kami merasa cukup bangga, bahwa aksi kecil yang kami lakukan secara serempak oleh pelaku-pelaku pariwisata dan pencinta lingkungan yang peduli lingkungan di Bali dalam setiap tahunnya, menjadi harapan untuk perubahan demi lingkungan dan bumi yang lebih baik itu terlihat,” tutupnya.

Hotel Nikko Bali Benoa Beach, merupakan sebuah resor tepi pantai berwarna putih kemilau dengan harga yang terjangkau. Hotel ini menawarkan suasana suasana tenang yang ideal untuk berlibur dan beristirahat sejenak. Suasana sejuk, karena berada di tengah perkebunan tropik di kawasan Tanjung Benoa. Pelayanannya merupakan perpaduan standar Jepang dan desain khas Bali yang sengaja dirancang untuk kesenangan dan relaksasi. Pelayanannya perpaduan budaya Jepang dan Bali yang dapat memberikan pengalaman baru bagi wisatawan.

Posisi hotel ini bersatu dengan alam dan dilengkapi dengan 188 kamar yang elegan. Fasilitas lain, seperti restaurant, spa, kolam, kebun dan lainnya yang tentunya dapat menciptakan suasana nyaman. Hotel ini telah bermitra dengan Diversey, perusahaan terkemuka dunia yang berspesialisasi dalam solusi pembersihan dan kebersihan profesional, untuk mengembangkan dan menerapkan program kebersihan, kesehatan, dan keselamatan baru untuk operasi hotel ini. [B/*]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi seni budaya di Bali

Related post