Pantai Berawa Tempat Bersantai Kaya Atraksi Budaya Bali

 Pantai Berawa Tempat Bersantai Kaya Atraksi Budaya Bali

Pantai Berawa menjadi pusat melaksankan upacara melasti, sebagai atraksi seni.

Pantai Berawa sudah menjadi pilihan wisatawan untuk bisa bersantai saat berlibur di Pulau Dewata. Pantai yang berlokasi di Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung itu memang indah, sehingga tak hanya wisatawan, warga local pun bisa melakukan berbagai kegiatan bernuansa santai.

Pantai Berawa jaraknya sekitar 10 km dari pusat kota Denpasar. Perjalanan menuju pantai memakan waktu kurang lebih 20 menit, jika datang dari Denpasar. Rute yang bisa dipilih adalah rute yang searah dengan jalan ke objek wisata Tanah Lot. Bagi wisatawan yang datang dari Bandara Ngurah Rai, jaraknya sekitar 50 menit. Walau demikian, lamanya perjalanan tergantung dari ramai tidaknya lalu lintas.

Berada di pantai berpasir hitam kemilau ini, bisa duduk-duduk manis sambil bersenda gurau bersama keluarga atau pasangan. Pengunjung dapat menikmati suasana pantai yang relatif sepi, sehingga sering dimanfaatkan wisatawan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan. Apalagi, ketika merasa lelah dengan rutinitas dan tekanan pekerjaan, pantai ini bisa menjadi alternatif yang tepat untuk refreshing.

Baca Juga:  Mengangkat Tradisi Adiluhung Desa Kendran Melalui “Kendran Living Culture Festival”

Pada hari-hari tertentu, pantai ini menawarkan banyak pesona alam dan budaya yang menarik. Itu karena, Pantai Berawa biasa digunakan sebagai tempat upacara seperti upacara melasti atau upacara persembahan yang dilakukan di tepi laut.

Warga sering memanfaatkan untuk mandi, bermain layangan dan jalan-jalan atau berlari menyusuri tepi pantai. Para gadis sibuk melakukan selfie, dengan latar deburan ombak dan sunset. Anak-anak yang ditunggui oleh para orang tuanya asyik bermain ban di aliran air muara ke laut.

Wisatawan mancanegara memanfaatkan suasana sore itu. Mereka jalan-jalan bersama pasangan memanfaatkan suasana romantis diiringi suara ombak. Banyak pula yang memanfaatkan bermain surfing, mencoba manaklukan ombak pantai itu. Para nelayan duduk-duduk di tempat perahunya bersandar, karena menunggu jadwal berangkat ke tengah laut mencari ikan.

Pantai Berawa memang tujuan wisatawan untuk bersantai, tetapi tak seramai Pantai Kuta. Warga sering melakukan olahraga dengan suasana yang lebih bebas. Pantai Berawa memang cocok untuk menikmati pesona indah alam nan sepi.

Baca Juga:  Earth Hour Romantis Bersama THE 1O1 Bali Fontana Seminyak

Ombak yang besar di Pantai Berawa adalah pesona utama dari kawasan wisata ini. Berbagai hal menarik lainnya, juga biasa dilakukan di pantai ini. Fasilitas dan akomodasi di sekitar pantai ini tidak perlu dikhawatirkan. Berbagai penginapan, restoran, dan fasilitas lain sudah tersedia di pantai ini. Karena itu, pantai ini justru menjadikan daya tarik tersendiri karena pantainya lebih tenang dan tidak seramai Pantai Kuta atau pantai lain di kawasan wisata Kuta. [B/*]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi seni budaya di Bali

Related post