Pande Komang Indah Triroshanti dan Putu Owen Purusa Arta, Jegeg Bagus Gianyar 2023

 Pande Komang Indah Triroshanti dan Putu Owen Purusa Arta, Jegeg Bagus Gianyar 2023

Malam Grand Final Jegeg Bagus Gianyar di Alun-alun Kota Gianyar/ist

Pande Komang Indah Triroshanti dan Putu Owen Purusa Arta yang merupakan perwakilan dari Kecamatan Sukawati terpilih sebagai Jegeg Bagus Gianyar tahun 2023. Mereka ditetapkan dalam Malam Grand Final Jegeg Bagus Gianyar di Alun-alun Kota Gianyar, Kamis 13 April 2023.

Penetapan tersebut setelah melewati berbagai proses seleksi hingga menjawab pertanyaan secara lisan dalam malam Grand Final tersebut. Ke depan kedua Jegeg Bagus ini akan menjadi duta pariwisata Kabupaten Gianyar dan mewakili Gianyar dalam lomba yang sama untuk tingkat provinsi.

Pande Komang Indah Triroshanti dan Putu Owen Purusa Arta berhasil masuk 5 besar setelah memberikan jawaban meyakinkan atas pertanyaan tentang pariwisata Gianyar atau kerajinan dari Gianyar. Pande Komang Indah Triroshanti keluar sebagai Jegeg Gianyar dengan memaparkan makna kegagalan bukanlah suatu hal yang menghentikan namun akan menjadi batu loncatan untuk mengevaluasi diri.

Sedangkan Putu Owen Purusa Arta berhasil keluar sebagai Bagus Gianyar setelah meyakinkan dewan juri atas jawabannya cara meningkatkan jumlah penjualan di Pasar Rakyat atau Pasar Seni dengan menggandeng atau bekerjasama dengan berbagai stakeholder termasuk media.

Baca Juga:  Generasi Muda Ikuti Lomba Pidarta Basa Bali PKB XLIII

Kini Pande Komang Indah Triroshanti dan Putu Owen Purusa Arta harus melanjutkan tongkat estafet dari Jegeg Dea dan Bagus Karuna sebagai Duta Pariwisata Kabupaten Gianyar yang akan mempromosikan pariwisata Gianyar di kancah domestik maupun internasional.

Dewan juri, Tjok. Gde Bayuputra Sukawati mengatakan secara umum pemilihan jegeg  bagus berlaku di mana-mana di seluruh Bali untuk mengukur kualitas SDM generasi muda. “Jadi Jegeg Bagus ini dilaksanakan di seluruh Bali, jadi bisa dikatakan ajang ini untuk kita mengukur perkembangan sumber daya manusia khususnya pemuda-pemudi kita di daerah,” ujarnya.

Karena seperti diketahui di Gianyar, punya tanggung jawab yang cukup besar sebagai Bumi Seni sebagai sentral wisata budaya. “Keadaan tersebut menuntut pemuda-pemudi kita untuk memiliki kemampuan ekstra, paling tidak mengenal dan dalam ajang ini juga kita memilih duta pariwisata,” lanjutnya.

Siapapun yang terpilih mampu membawa nama Gianyar di ajang yang lebih tinggi. “Gianyar yang pariwisatanya berbasis budaya, sehingga siapapun nanti yang akan terpilih memiliki tanggung jawab yang lebih, dalam mempertanggungjawabkan dan membawa nama Gianyar ke depannya terutama di kancah provinsi,” harapnya.

Baca Juga:  FSBJ III Diawali “Medeeng Anyar” dan “Teater Opera Musikal”

Putu Owen Purusa Arta mengaku senang bisa menjadi Bagus Gianyar namun lebih dari itu dirinya mengaku dalam pemilihan Jebag tidak hanya berkompetisi namun merupakan suatu proses pengembangan diri bersama finalis lainnya.

“Senang sekali karena bisa melewati proses bersama teman-teman di sini kita tidak hanya berkompetisi, tapi ada ikatan kekeluargaan juga yang kita jalin selama kita berproses. Susah senang bareng-bareng selain itu kita juga ada ilmu-ilmu baru baik itu publik speaking, atau ilmu-ilmu tentang kepariwisataan, ilmu kebudayaan, juga perspektif-perspektif pariwisata dari berbagai sudut pandang,” tegasnya.

Dengan niat yang tulus serta usaha, dirinya yakin akan mampu menjaga dan melaksanakan amanat sebagai Bagus Gianyar ataupun sebagai Duta Pariwisata Kabupaten Gianyar. [B/*]

Related post