Cheryl Marella Terus Berkarya dan Berinovasi di Ranah Media

 Cheryl Marella Terus Berkarya dan Berinovasi di Ranah Media

Wanita ini, begitu ramah. Penampilannya menarik, murah senyum dan selalu percaya diri. Kalau bicara, suaranya memiliki warna yang khas,karena memang memiliki kemampuan berbicara yang baik. Pengetahuannya luas, sehingga tak pernah kehilangan ide ketika melakukan siaran ada memandu sebuah acara. Itulah Cheryl Marella, seorang penyiar radio, presenter TV serta pekerja media yang namanya semakin dikenal.

Cheryl demikian sapaan akrabnya mengaku, sebagai pekerja media dirinya terinspirasi buku Social Media, Technology, and Government Transparency (Bertot, 2010), yang menyebutkan sosial media memiliki empat kekuatan potensial yaitu collaboration, participation, empowerment, dan time. “Setelah membaca buku itu itu saya merasa terpacu untuk terus berkarya dan berinovasi di ranah media,” katanya.

Wanita yang selalu ramah ini mengawali karir sebagai seorang penyiar sejak usia 19 tahun, di MTV Radio dan Jak 101 FM. Ia juga pernah menjadi Presenter di berbagai stasiun televise, seperti MTV Indonesia, Kompas TV, CNN Indonesia, hingga Channel News Asia. “Sekarang ini saya sedang menjalani aktivitas utama sebagai seorang Managing Editor di Tatler Indonesia,” akunya polos.

Menariknya, Cheryl tidak hanya bergelut di perusahaan media. Perjalanan karirnya sempat pula membuat Gojek Indonesia mendaulat perempuan yang akrab dipanggil Cheryl ini sebagai VP di Gojek Newsroom. Pengalaman itu akhirnya membuat Cheryl merintis Good Shot.ID, sebuah media digital khusus untuk berita baik dengan fokus utama positive news & entertainment, social impact, dan sustainability.

Baca Juga:  DUA MASA hadirkan "Beri Aku Ruang"

Setelah memutuskan untuk menetap di Pulau Dewata, Cheryl kemudian sempat siaran di Hard Rock FM Bali sambil menjadi editor di salah satu majalah disana. “Nah.. lalu pandemi melanda. Saya kemudian ada momen, yakni secara sadar mencari konsumsi “hanya berita baik” that’s it, I don’t want to read anything else, karena kan saat itu situasi dunia sedang tidak kondusif untuk kesehatan mental dan fisik,” ujarnya ketika bercerita mengenai awal mula Good Shot.

Dari kesadaran tersebut, Cheryl sebagai Founder kemudian menjangkau beberapa kolega untuk memproduksi website dan sosial media, lalu mendelegasi Rarisa Sastromidjojo. Mantan Penyiar Gen 98.7 FM yang juga pernah bekerja di beberapa grup media yang sama, sebagai co-founder Good Shot.

Ketika ide mengenai Good Shot tercetus, Cheryl sedang aktif di organisasi non-profit, Yayasan Semesta Bhakti Mandiri (SBM) yang memiliki atensi atas penipisan air tanah dan pendanaan untuk dampak sosial. “SBM waktu itu baru saja menyelesaikan desain dan rekayasa sistem pemanenan air hujan. Targetnya untuk menyediakan air minum bersih bagi warga yang membutuhkan. Proyek itu kami namakan Bali Rain Water. Hal itu yang meneguhkan cita-cita saya membentuk wadah digital menginformasikan hal-hal terkait social impact,” ungkapnya lagi.

Meski berdiri lewat tim kecil, Cheryl yang juga dikenal sebagai salah satu Aktris di serial Pretty Little Liars versi Indonesia, optimis bahwa Good Shot akan tumbuh menjadi sesuatu yang baik dimulai dari visi dan misi untuk menjangkau siapapun yang ingin mendapatkan perasaan, perspektif, maupun pengetahuan yang baik, ketika membaca sebuah informasi.

“Harapan saya sesederhana, kalo kita scrolling lihat website atau sosial media Goodshot, orang tuh responnya hmmm…I FEEL GOOD, hahaha!” ujar Cheryl Marella sambil tertawa sebelum mengakhiri diskusi. [B/*]

 

 

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi seni budaya di Bali

Related post