Fashion Show “Buleleng Kita” Kolaborasi UMKM, Desainer Lokal, dan Pemkab Buleleng

 Fashion Show “Buleleng Kita” Kolaborasi UMKM, Desainer Lokal, dan Pemkab Buleleng

Pendopo gelar fashion show “Buleleng Kita” di Amphitheater Living World Denpasar/Foto: ist.

Lenggak lenggok para model ini sungguh indah. Tak hanya menyajikan desain baru yang menarik, tetapi juga seluruh karya itu berbahan utama kain tenun khas Bali yang sangat unik. Apalagi, berjalan diatas catwalk diantara tumbuhan hidup, sehingga saat para model berjalan, pucuk tumbuhan itu pun bergoyang seirama.

Musik yang padu dengan suara alam, tak hanya membakar semangat para peserta, tetapi juga antusias pengunjung. Ajang inipun menjadi lebih meriah, memikat, dan enak dinikmati mata dan hati. Itulah “Fashion show bertajuk “Buleleng Kita” di Amphitheater Living World Denpasar pada Jumat, 8 Desember 2023.

Fashion show ini sebagai puncak rangkaian program pendampingan dan pelatihan, Pendopo berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng bekerja sama dengan desainer lokal dan Pemerintah Kabupaten Buleleng. Didukung pula Bank Mandiri dengan menampilkan 74 karya yang seluruhnya berbahan utama kain tenun khas Bali.

Gelaran Fashion Show ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu 32 karya desainer lokal, 24 karya pakaian dan aksesori karya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Buleleng hasil program pendampingan dan pelatihan, dan ditutup dengan 18 karya dari desainer Pendopo yang dihiasi dengan perhiasan dari The Palace Jeweler.

Selain menampilkan 74 karya dalam fashion show, Pendopo juga menghadirkan lebih dari 40 UMKM dari Buleleng dalam Festival UMKM Buleleng pada 7-10 Desember di Living World Denpasar. Pendopo merupakan merek usaha Kawan Lama Group yang menjadi rumah bagi UMKM lokal dan telah bekerja sama dengan lebih dari 200 UMKM di Nusantara.

“Salah satu wujud upaya Pendopo dalam pelestarian budaya adalah program pemberdayaan masyarakat, khususnya produsen produk budaya lokal. Jika tahun lalu kami melakukan kegiatan ini bagi para penenun ikat Sikka di Kabupaten Sikka, NTT, kini kami hadirkan program serupa di Kabupaten Buleleng, Bali,” kata Direktur Pendopo, Tasya Widya Krisnadi.

Baca Juga:  Denfest Ke-16 Angkat Tema “Jayastambha” Libatkan 2.548 Seniman dan 178 UMKM

Kabupaten Buleleng memiliki pesona dan hasil alam yang tinggi serta menyimpan banyak potensi industri fesyen. Maka itu, sejak awal Juni 2023, Pendopo menghadirkan program pendampingan dan pelatihan untuk UMKM Tekstil dan Pakaian di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) milik Pemkab Buleleng.

Tak hanya itu, Pendopo juga berkolaborasi dengan desainer lokal, serangkaian pelatihan online dan offline berfokus pada keterampilan mendesain dan menjahit menggunakan bahan utama kain tenun Bali. Lalu dilanjutkan ke tahap pendampingan, produksi, dan seleksi karya.

Para desainer lokal mendampingi para peserta untuk mewujudkan produk pakaian dan aksesori siap pakai yang akan dikurasi dan diperagakan dalam Fashion Show Buleleng Kita. Selanjutnya, karya-karya terpilih tersebut juga akan diproduksi dan dipasarkan melalui ritel modern Pendopo

“Saya berterima kasih kepada Pendopo atas kesempatan ini. Saya jadi memiliki semangat dan mempunyai keterampilan lebih untuk terus berkarya di bidang ini. Pendopo juga membuka pintu kesempatan bagi kami untuk lebih berdaya dan sejahtera, sembari melestarikan budaya warisan leluhur,” aku salah satu peserta pelatihan, Ni Nyoman Dina Triana Dewi. [B/*]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi pariwisata dan seni budaya di Bali

Related post