Perayaan Hari Republik India Ke-75 di Bali Bertabur Seni

 Perayaan Hari Republik India Ke-75 di Bali Bertabur Seni

Perayaan Hari Republik India Ke-75 di Bali bertabur seni/Foto: ist

Anak-anak ini berbaris rapi. Senyum dan ekspresinya begitu kuat. Suara dan nada yang dilantunkan membentuk suatu chord yang harmonisasi, dan enak didengar. Lagu-lagu itu tentunya penuh makna. Para peserta yang hadir, seakan hanyut dibuatnya.

Itulah paduan suara yang dibawakan oleh siswa-siswi Gandhi Memorial Intercontinental School yang berpartisipasi dalam program budaya pada perayaan Hari Republik India Ke-75 di Bali, Jumat 26 Januari 2024. Peserta paduan suara ini membawakan lagu patriotik ‘India Wale’.

Selanjutnya, sebuah pertunjukan tari modern India yang memukau. Gerak tarinya begitu memikat, karena memang dibawakan dengan penuh penjiwaan. Tarian modern ini dibawakan oleh guru tari dan siswa Pusat Kebudayaan Swami Vivekananda Bali.

Sementara Grup India in Bali juga turut memeriahkan acara dengan penampilan tari Bollywood bertema patriotik. Para pendukung memiliki dasar tari yang kuat, sehingga pesan-pesan yang disampaikan melalui gerak telag sampai kepada penonton.

Perayaan Hari Republik India Ke-75 di Bali bertabur seni/Foto: ist

Perayaan yang berlangsung di Konsulat Jenderal India itu diawali dengan upacara pengibaran bendera. Acara ini berlangsung dengan penuh suka cita dan semangat patriotik ini dihadiri oleh lebih dari seratus orang masyarakat.

Termasuk pejabat Konsulat dan Pusat Kebudayaan Swami Vivekananda Bali, anggota keluarga, anggota komunitas India, pelajar, sahabat India dan media. Hari Republik ini diperingati sebagai bagian dari peringatan 75 tahun hubungan diplomatik India-Indonesia.

Acara diawali dengan pengibaran bendera oleh Konsul Jenderal (Konjen) Dr. Shashank Vikram, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan ‘Jana Gana Mana’. Setelah itu, Konjen memberikan sambutan kepada masyarakat pada hari nasional tersebut.

Pada saat itu, Konsul Jenderal juga membacakan pidato Yang Terhormat Presiden India Ibu Droupadi Murmu kepada bangsa menjelang Hari Republik. Di akhir acara, Konjen memberikan wujud apresiasi berupa plakat dan sertifikat kepada seluruh pengisi acara.

Baca Juga:  PALESTIVAL 2024: Merayakan Budaya, Mengangkat Nilai-nilai Perdamaian dan Kemanusiaan

Paling istimewa dalam peringatan Hari Republik India Ke-75 ini disajikan makanan dan minuman yang terdiri dari hidangan asli India. [B/*]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi pariwisata dan seni budaya di Bali

Related post