Warung Nasi Tempong Lalah Tuban Sajikan Menu Pedas yang Khas

 Warung Nasi Tempong Lalah Tuban Sajikan Menu Pedas yang Khas

Nasi Tempong Lalah Tuban/Foto: ist.

Ini tongkrongam baru bagi yang suka kuliner. Namanya, Warung Nasi Tempong Lalah yang beralamat di Jalan Raya Kuta No 96, Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Nasi khas Banyuwangi ini dipadu dengan bumbu Bali, sehingga memiliki rasa yang khas dan enak. Sekali makan, ketagihan dibuatnya.

Kalau penasaran, langsung saja menuju ke warung itu. Lokasinya dekat dengan pusat belanja Jogger, Pantai Kuta dan beberapa menit dari Bandara Ngurah Rai, sehingga sebelum berangkat ataupun setelah datang dari bandara bisa menikmati menu khas di Warung Nasi Tempong Lalah.

Ketika masuk tempat makan ini akan terasa sangat menarik dan unik. Anak-anak muda, pasti menyukai. Selain, menyajikan sambal lalah (pedas), juga diwaenai dengan lukisan minimalis tentang objek dan budaya Bali yang memang menjadi daya tarik wisatawan. Indah dan menarik.

Lukisan itu, ada yang berwujud Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pura, Objek Uluwatu, turis yang akan surfing di Pantai Canggu, penari legong, gadis Bali yang sedang menjinjing canang (gebogan guah), keindahan Pantai Atuh Nusa Penida, dan banyak lagi lainnya.

Warung Nasi Tempong Lalah Tuban/Foto: ist.

Lukisan sebagai bentuk memperkenalkan keindahan alam dan keunikan budaya itu, juga dilengkapi dengan tulisan Bahasa Bali, seperti “matur suksma” (terima kasih), dan “ngiring ngerayunan” (mari makan).

Ada pula tulisan yang berbahasa Inggris, seperti I can eat spicy food all day every day (saya bisa makan makanan pedas sepanjang hari setiap hari). Tulisan itu berpadu dengan lukisan-lukisan laying-layang dan pesawat udara yang ada di tembok itu.

Jika memesan makanan, dipastikan tidak pakai lama. Nasi Tempong Lalah itu yang paling laku, meski ada menu-menu lainnya. Dalam satu porsinya ada nasi, ayam, tempe, tahu, mentimun, labu siam, sayur bayam, dan ikan teri di atas nasi putih serta sambal penas.

Baca Juga:  Lomba Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal Remaja Kota Denpasar yang Memikat

Jika sambal itu kurang, bisa menambahnya lagi dengan cara memesannya kepada para petugas di warung itu. menu sate yang juga sangat enak atau telor goreng yang rengah dan khas. Menu tempong itu mengundang selera, terutama dengan cita rasa sambal tempong yang khas.

Warung Nasi Tempong Lalah Tuban grand opening, Senin 26 Pebruari 2024/Foto: ist.

Kuliner dengan sambal pedas itu, pasti membuat para pencinta kuliner ketagihan dan akan kembali makan di warung ini. Menu-menunya yang lain juga tak kalah enaknya, seperti ayam bajar, panggang, daging sapi ataupun dengan bahan ikan.

“Warung Nasi Tempong Lalah ini ada di Bali karena kami mencintai Pulai Bali yang indah. Ini pertama kali di Bali, nanti akan ada di Jakarta, Surabaya dan daerah lain,” kata owner Billy Syahputra saat acara grand opening, Senin 26 Pebruari 2024.

Billy Syahputra yang saat itu didampingi owner lain, seperti Nur Satriatama, Stella Susilo, Arief Maulana Nurbani, Abi Jauw dan Nilayati mengatakan, kelebihan dari warung ini adalah pedas dengan sambal natural, sehingga fresh.

“Kami suka makan nasi tempong, setiap ke Bali pasti dapat makan nasi tempong. Laly, kenapa tak membuat warung nasi saja, sehingga kalau ke Bali gak keman-mana mencari nasi tempong,” tutup Billy Syahputra bersama seleb nusantara itu. [B/darma]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi seni budaya di Bali

Related post