Sekehe Gandrung Ambek Suci Pura Majapahit Duta Kota Denpasar Siap Tampil pada PKB XLVI

 Sekehe Gandrung Ambek Suci Pura Majapahit Duta Kota Denpasar Siap Tampil pada PKB XLVI

Pembinaan Sekehe Gandrung Duta Seni Kota Denpasar pada PKB XLVI/Foto:ist

Sekehe Gandrung Ambek Suci Pura Majapahit Banjar Munang – Maning dan Banjar Samping Buni menjadi wakil Kota Denpasar pada Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI. Dalam pesta seni itu, membawakan sejumlah garapan karya dari pinisepuh alm. Ketut Godra dan alm. Ketut Manda.

Koordinator, I Nyoman Agus Triantara mengatakan, garapan yang akan dibawakan nantinya, ada sejumlah pertunjukan sakral. Atribut Gelungan Legong Lasem, Gelungan Gandrung, serta Set Gambelan merupakan due yang disucikan.

“Biasanya due ini mesolah (tampil) saat rangkaian Piodalan di Pura Majapahit di Sasih Kanem di Bulan Desember tepatnya tampil di tiga hari setelah petirtaan di Pura Majapahit,” kata Agus Triantara disela-sela pembinaan duta kesenian Kota Denpasar PKB XLVI di Pura Majapahit, Selasa 30 April 2024.

Garapan yang ditampilkan pada PKB XLVI nanti yakni Tabuh Gambang, Tabuh dan Tari ‘Gegandrangan’, Tari Legong Keraton Lasem, Tabuh Gandrung ‘Cingkrem-Cingkrem’, Tabuh dan Tari Gegandrangan Bancih, dan Tabuh Gegandrangan Won.

Baca Juga:  “Ngripta Prasi” Wimbakara Meriahkan Bulan Bahasa Bali 2021

“Masukan yang disampaikan konsultan seni Kota Denpasar kepada Sekehe kami, akan kami rangkum dan jadikan perbaikan untuk kesuksesan penampilan di Parade Pagelaran Kesenian Klasik PKB XLVI Tahun 2024 nanti,” ujarnya.

Pembinaan duta Kota Denpasar itu dilakukan oleh Tim Konsultan Seni Kota Denpasar. Acara tersebut dihadiri Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara yang dalam kesempatan tersebut turut menari bersama para penari Gandrung cilik.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara memberikan apresiasi atas komitmen serta dedikasi Sekehe Gandrung Ambek Suci Pura Majapahit ini dalam melestarikan seni budaya Bali. Terlebih Gandrung ini merupakan kesenian tua yang patut untuk dilestarikan bersama.

Dalam pembinaan ini Sekehe Gandrung Ambek Suci Pura Majapahit Banjar Munang – Maning dan Banjar Samping Buni diharapkan menerima masukan atau saran yang dihadirkan terkait proses kreatif diharapkan dapat mendukung penampilan Sekehe Ambek Suci saat di PKB nanti.

Baca Juga:  Upacara Saraswati di Tengah Pandemi, Mangasah Kecerdasan Menemukan "Pengimpas-impas" Virus Corona

“Kehadiran konsultan seni ini nantinya diharapkan dapat menajamkan kualitas pertunjukan Sekehe, juga terkait pengaturan aksi panggung serta aspek yang mendukung pertunjukan lainnya,” ujar Walikota Jaya Negara

Dalam kesempatan tersebut juga turut diserahkan Uang Pembinaan sebagai dana motivasi kepada sekehe yang akan berlaga sebagai Duta Kota Denpasar pada Parade Pagelaran Kesenian Klasik Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024. [B/rls]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi seni budaya di Bali

Related post