Tempat Wisata Baru “Bird Sanctuary” di Lagoon The Nusa Dua

 Tempat Wisata Baru “Bird Sanctuary” di Lagoon The Nusa Dua

“Bird Sanctuary” di Lagoon The Nusa Dua/Foto: ist

Jika sedang berwisata ke Nusa Dua, Bali, jangan lewatkan pengalaman terindah berwisata di Bird Sanctuary. Daya Tarik Wisata (DTW) unik ini terletak di Lagoon The Nusa Dua yang dikelola Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Lagoon The Nusa Dua merupakan kolam stabilitas di atas lahan terbuka dengan luas lahan 20 ha dan luas lahan basah 13,5 ha. Tempat ini, hijau dan asri yang menjadi lokasi pengolahan air limbah dengan sistem kolam stabilitas. Tempat ini, kini menjadi habitat yang aman dan alami bagi berbagai jenis burung yang dilindungi.

Berada di sini sangat nyaman. Lanoon memberikan ruang bagi burung-burung untuk mencari makan dan sebagai tempat persinggahan. Adanya Bird Sanctuary ini, maka pengunjung memiliki kesempatan untuk menikmati keindahan burung-burung yang unik dan langka.

Aneka burung dengan beragam tingkah polahnya itu sungguh menarik. Beberapa spesies burung yang sering terlihat dan dapat dijumpai, diantaranya burung elang laut, bangau, burung camar, blibis dan burung pemakan ikan lainnya.

Lagoon The Nusa Dua menjadi habitat berbagai jenis burung/Foto: ist

Bird Sanctuary di Lagoon The Nusa Dua menjadi tempat persinggahan bagi berbagai jenis burung yang tinggal di daerah tersebut. “Keberadaan sanctuary ini memungkinkan burung-burung langka atau terancam punah untuk hidup dan berkembang biak dengan aman,” kata Direktur Utama ITDC Utilitas A.A Ratna Dewi, beberapa waktu lalu.

Burung yang datang ke area Bird Sanctuary ini terjadi selama periode migrasi pada bulan Maret – April dan September – Oktober. “Perlu diingat, bahwa migrasi burung adalah fenomena alam yang dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, yaitu faktor cuaca dan perubahan iklim,” imbuhnya.

Baca Juga:  Pancious Buka Outlet di Samasta Bali, Restaurant dengan Variasi Western

Di sini, pengunjung Lagoon The Nusa Dua dapat menikmati suasana dan melihat berbagai spesies burung dengan berjalan di sekitar area pedistrian atau menggunakan perahu kano di kolam stabilitas. “Bagi yang ingin berkunjung maupun melakukan aktivitas di Bird Sanctuary Lagoon The Nusa Dua, dapat melakukan registrasi melalui email: informasi@itdcnu.co.id,” ungkapnya.

Bird Sanctuary juga menjadi fasilitas edukasi bagi masyarakat dan mahasiswa yang ingin melakukan studi dan penelitian untuk mendapatkan informasi tentang berbagai spesies burung. Habitat burung dan upaya yang dilakukan untuk menjaga keberlanjutan ekosistem burung-burung di Lagoon The Nusa Dua. [B/darma]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi pariwisata dan seni budaya di Bali

Related post