January 23, 2022
Kreasi

Sanggar Seni, Masih Ada Kesempatan Pentas di PKB 2020

Sanggar, sekaa” atau kelompok seni diberikan kesempatan untuk tampil dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) 2020. Demikian pula, yayasan hingga partisipasi seniman dari dalam dan luar negeri yang ingin menampilkan pementasan seni dalam ajang seni tahunan itu juga diberikan kesempatan tampil. “Sanggar seni ataupun sekaa yang berminat mengisi acara di PKB, kami harapkan segera menyampaikan usulan. Kami tunggu paling lambat pertengahan Maret mendatang,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Wayan “Kun” Adnyana, di Denpasar, Selasa 25 Pebruari 2020.

Walau diberikan kesempatan, namun usulan pementasan yang bersifat inisiatif itu tetap akan diseleksi oleh tim curator. Bagi sanggar atau sekaa yang lolos seleksi, berhak untuk tampil dalam PKB yang dipusatkan di Taman Budaya Provinsi Bali, Denpasar dari 13 Juni-11 Juli 2020. “Untuk pementasan yang bersifat inisiatif ini, masing-masing sanggar atau sekaa sepenuhnya membiayai proses pementasannya. Panitia hanya menyiapkan panggung dan sarana yang dibutuhkan di panggung pementasan,” jelas akademisi ISI Denpasar ini serius.

PKB ke-42, setiap harinya dari siang hingga malam akan menampilkan pergelaran seni rata-rata sebanyak 8 hingga 10 pergelaran. Selain panggung di Taman Budaya Denpasar, juga menggunakan dua panggung di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, yaitu Natya Mandala dan Nretya Mandala. “Kalau kabupaten/kota ingin menambah ada pementasan tertentu untuk mewakili daerahnya dan dibiayai kabupaten/kota sendiri, kami silakan juga. Dengan demikian, ritme pergelaran bisa menjadi lebih harmonis,” ujarnya.

Perhelatan PKB tahun ini juga dimeriahkan dengan partisipasi kesenian dari luar daerah, seperti dari perwakilan DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, NTB, Lampung dan sebagainya. Sementara partisipan luar negeri, diantaranya ada dari India, Jepang, Selandia Baru dan Australia. (B/*)

Related Posts