July 30, 2021
Kreasi

Yuk, “Melihat Pulau Dewata” di Pameran Foto Online

Di rumah aja, ah.. pasti membosankan. Namun, kebijakan social atau physical distancing yang diterapkan oleh pemerintah demi memutus penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) meski ditaati. Nah, jurnalis foto Nyoman Hendra Adi Wibowo memiliki cara unik untuk mengusir kebosanan saat # di rumah aja. Fotografer stringer LKBN Antara yang bertugas di Bali ini menggelar pameran foto bertajuk “Melihat Pulau Dewata”.

Pameran foto ini berbeda dengan pameran seni biasanya. Pria kreatif ini menghelat pameran secara online dengan membagikan 55 foto terbaik yang diambil selama meliput peristiwa yang terjadi di Pulau Dewata. Foto-foto yang dipamerkan itu dibagi menjadi beberapa temas, eperti humanis, humoris, ironis, eksotis dan realitas. “Foto-foto ini merupakan potret peristiwa atau momen kehidupan yang terjadi di Bali pada periode 2014 sampai 2019” ungkap Hendra.

Menariknya, beberapa karya foto yang dipamerkan merupakan foto yang pernah memenangkan penghargaan, antara lain; Juara II Canon Photo Marathon Indonesia 2015, Juara I Lomba Foto Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017, Juara III Lomba Foto MURI 2017, Juara Harapan I Lomba Foto Kementerian Koperasi dan UMKM 2017, Juara II Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) Kategori Art & Entertainment 2017 dan Juara III Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) Kategori Spot News 2019.



Pameran foto ini mulai digelar pada, Sabtu 18 April 2020. Karena pameran foto ini melalui media social, maka pameran digelar hingga batas waktu tak ditentukan. Lamanya mengikuti perkembangan kondisi Covid-19 sampe reda, sehingga bisa terus dilihat masyarakat. Karya foto yang dipamerkan tersebut bisa dilihat melalui akun Instagram @melihat_pulau_dewata, blog melihat pulau dewata.blogspot.com dan website komunitas LoveIndonesian.com.

Nyoman Hendra Adi Wibowo, pria yang lahir di Tabanan, Bali tahun 1991 silam ini memulai karir sebagai jurnalis foto di media lokal Nusa Bali (2014 – 2016), selepas hengkang dari Nusa Bali, melanjutkan karirnya di Denpost (2016 – 2018). Sejak tahun 2018 lalu, Hendra memilih hijrah menjadi stringer foto di media nasional LKBN Antara.

Sepanjang karir sebagai jurnalis foto, Nyoman Hendra kerap meliput berbagai peristiwa yang terjadi di Bali, seperti erupsi Gunung Agung, kejadian kapal terbakar di Pelabuhan Benoa, event olahraga nasional dan masih banyak lagi. Satu di antara cirikhas yang dihasilkan dari setiap bidikannya adalah gaya human interest dan street photography. Sejak dulu, Hendra memang telah menggemari teknik foto jurnalistik dengan sudut pandang humanis.



Bakat fotografi Hendra sudah terlihat sejak menimba ilmu di sebuah kampus swasta di Bali. Saat itu, Hendra memilih jurusan broadcasting dan terbiasa mengoperasikan berbagai kamera. Hingga suatu saat, Hendra mencoba peruntungan dalam sebuah event lomba On The Spot yang digelar oleh Bentara Budaya Bali.

Event tersebut mengundang fotografer kontemporer M Bundhowi sebagai jurinya. Itulah pertamakalinya Hendra menjajal kemampuan fotografinya dalam sebuah lomba. Walhasil, nama Nyoman Hendra Adi Wibowo pun dipanggil untuk menerima penghargaan sebagai juara I pada event tersebut. [B/*]

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!