July 30, 2021
Agenda

Gurat Institute Mengundang. Yuk, Buat Karya Seni Rupa Terkait Covid-19

Ingin mengusir kebosanan saat tinggal di rumah aja? Buatlah, karya seni sebagai ungkapan ekspresi jiwa. Ya, saat kebijakan social dan physical distancing yang diterapkan oleh pemerintah untuk memutus penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), sebaiknya tinggal di rumah saja. Tetapi, kondisi itu bukan harus mematikan kreativitas seni yang ada. Karena itu, Gurat Institute mengundang para seniman atau pecinta seni untuk membuat karya seni dengan tema seputaran pandemi Covid 19, selama work for home (WFH), bekerja dari rumah.

Karya terkait pandemi Covid 19 itu mengangkat tema “Survival, Life & Hope”. Karya seni rupa yang dibuat bisa berupa karikatur/kartun/komik strip, dan seni gambar lainnya dengan media gambar manual dan digital. “Ini adalah undangan terbuka yang bisa diikuti oleh siapa saja. Tujuannya untuk membuka ruang untuk mendialogkan berbagai topik terkait dengan pembahasan seni dan budaya dari perspektif yang multidisiplin,” kata pendiri Gurat Institute , Yoga Parta pada Selasa, 21 April 2020.

Tahun 2020 merupakan masa yang berat bagi umat manusia di Bumi ini. Di awal tahun, manusia di berbagai belahan dunia menghadapi sebuah bencana besar yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan, yaitu pandemi Covid 19. Wabah ini berawal dari Wuhan Cina kini telah menyebar ke berbagai negara. “Seiring dengan semangat akan pentingnya kerjasama atau kolaborasi, mendorong kami untuk proaktif menjalin kerjasama antar lembaga demi kemajuan bersama melalui ajang ini,” ungkapnya serius.

Pandemi global ini, memang telah mendorong dengan cepat perubahan yang besar perwajahan dunia. Hari-hari ini, manusia berhadapan dengan kondisi yang tidak menentu dan kekhawatiran yang begitu besar terhadap kesehatan dan masa depan dunia. Perlahan-lahan, manusia mengalami pembatasan interaksi sosial (social distancing) membatasi ruang gerak, hanya di seputaran rumah. “Kondisi ini tidak menyurutkan kreativitas kita untuk berkarya seni, khusus seni rupa. Kami, tertarik mengumpulkan karya-karya karikatur/kartun/komik strip dengan tema seputaran pandemi Covid 19, selama WFH,” tegas kurator asal Tabanan ini.

Kalau memerlukan informasi lebih detail silahkan menghubungi Yoga : 081943446447 dan Nuri : 081337714745. Jika karyanya sudah selesai, silahkan kirim data berupa foto karya, caption, feskrisi foto diri & CV, silakan ke email ke guratartinstitute.13@gmail.com dan karya-karya akan ditunggu sampai akhir Juni 2020. “Kompilasi dan publikasi karya-karya terpilih akan kami informasikan kembali sekitar awal Juli 2020,” tutup dosen seni rupa ini. [B/*].

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!