May 17, 2022
Kreasi

Terjebak di Bali, Mick Baumeister Ciptakan Komposisi Musik Tetang Bali

Gara-gara Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Mick Baumeister, komposer asal Jerman tidak bisa pulang ke negaranya. Sejak Maret lalu, ia terjebak di Pulau Dewata. Menariknya, selama tinggal di Bali, musisi yang telah malang melintang di panggung musik film 40 tahun lamanya dan telah menghasilkan lebih dari 500 karya musik ini berhasil menciptakan komposisi musik mengenai Bali. “Ini merupakan garapan terbaru. Saya ciptakan kompisisi ini di Bali, dan untuk itu, saya menamakannya Bali Soul,” ujarnya.

Komposisi musik teranyar itu, diperkenalkan kepada masyaralat luas lewat konser live streaming dari Antida Music Productions, Minggu 7 Juni 2020. Selain music hasil ciptaannya itu, Mick Baumeister juga membawakan sederetan komposisi musik yang telah difilmkan sebelumnya. “Saya bermain piano solo, dengan beberapa komposisi dan improvisasi pada piano. Beberapa di antaranya adalah diambil dari scene film-film yang menggunakan musik yang saya ciptakan,” katanya.

Selain menampilkan beberapa komposisi yang dibawakan apik, Mick Bauimeister juga mengungkapkan pengalaman kreatif dan sekaligus spiritualnya ketika terjebak di Bali. termasuk pula ide untuk menciptakan komposisi musik baru.

Anom Darsana pimpinan Antida Music Productions mengungkapkan, ide awal penggarapan konser live streaming ini menampilkan sejumlah musisi asing yang saat ini terjebak di Bali karena pandemi Covid-19. “Saya ingin menonjolkan, ada beberapa tamu asing, musisi yang stuck di sini, yang tidak bisa balik ke negara mereka. Melihat itu semua, saya mengambil kesempatan untuk mengajak mereka berkolaborasi. Saya ingin memberikan kesempatan berekspresi bagi musisi-musisi internasional yang terjebak dan tidak bisa balik ke negaranya masing-masing. Antida Music memfasilitasi kesenian tersebut, sehingga bisa ditonton oleh semua orang, termasuk musisi-musisi lokal di Bali,” terangnya. (B/*)

Related Posts