Keroncong Nuansa Kebangsaan, Kolaborasi Orkes dan Gamelan Bali

 Keroncong Nuansa Kebangsaan, Kolaborasi Orkes dan Gamelan Bali

Bagi penghobi music keroncong pasti senang menyaksikan penampilan Orkes Keroncong (OK) Pesona Jiwa Jakarta. Apalagi, penyajiannya dipadu dengan gamelan Bali, wow pasti lebih menyenangkan lagi. Mau bukti? Lihatlah penampilan OK Pesona Jiwa Jakarta yang berkolaborasi dengan Sanggar Seni Mario Bros Kabupaten Badung. Dengan memadukan antara musik kerocong dan gamelan Bali, kolaborasi ini mempertunjukkan Keroncong Nuansa Kebangsaan. Pentas seni itu berlangsung di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung, Sabtu 12 Maret 2022.

Kolaborasi seni yang dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan I Gede Eka Sudarwitha diawali dengan Tari Sekar Jepun yang merupakan Maskot Kabupaten Badung. Selanjutnya pertunjukan Keroncong Nuansa Kebangsaan kolaborasi OK Pesona Jiwa Jakarta dengan Sanggar Seni Mario Bros yang mampu memberi warna indah dengan harmonisasi tetabuhan serta alunan lagu dan musik keroncong. Para pejabat, pengamat musik dan para penikmat musik genre baru kaula muda tampak senang dengan pertunjukan ini.

Kadis, I Gede Eka Sudarwitha mengaku, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung merasa bangga dan sangat mengapresiasi para seniman Badung dan kaum mudanya yang selalu melakukan langkah-langkah positif dalam membangun kehidupan seni di Badung. “Kami merasa bangga dengan kreatifitas anak- anak muda yang dalam kesempatan ini Orkes Keroncong Pesona jiwa yang dipimpin Koko Thole dapat melakukan kolaborasi dengan Sanggar Seni Mario Bros Kabupaten Badung. Penampilannya penuh etnik gambelan Bali kental,” ucapnya.

Dengan mengapresiasi pertunjukan ini, dirinya berharap jiwa-jiwa seni ini selalu tumbuh dan berkembang sepanjang jaman. “Kami akan selalu memberikan ruang agar kawula muda agar terus dapat berkarya dan mengharumkan nama Badung, Bali bahkan Indonesia di dunia Internasional dengan karya seninya. Kami menyadari lewat bermusik dan berkesenian juga dapat mempererat tali persaudaraan dan pemersatu bangsa di wilayah NKRI ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Sebelum ke PKB XLIV, Dua Sekaa Gong Kebyar Bangli Pentas Uji Coba

Ketua penyelenggara I Wayan Wiriadi mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Badung, yang telah memberikan kesempatan untuk menyelenggarakan pertunjukan Keroncong Nuansa Kebangsaan kolaborasi OK Pesona Jiwa Jakarta dengan Gamelan Bali dari Sanggar Seni Mario Bros Kabupaten Badung. “Astungkara kolaborasi ini bisa kembali terwujud lewat insan-insan yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai seni,” ucapnya.

Dirinya berharap kolaborasi antara Orkes Keroncong Pesona Jiwa dan Sanggar Seni Mario Bros bisa diterima dihati masyarakat. “Kami berharap, apa yang kami sajikan menjadi sebuah harmoni keindahan para penikmat maupun pengamat seni di Badung,” ucap seniman kreatif ini. [B/*]