Cancel Preloader

“Paguyuban Seniman Bali” Wadah Para Seniman Menjaga dan Melestarikan Kesenian Tradisi Tradisi

 “Paguyuban Seniman Bali” Wadah Para Seniman Menjaga dan Melestarikan Kesenian Tradisi Tradisi

Seniman Bali membentuk sebuah wadah atau organisasi, bukan sebagai sebuah gaya-gayaan ataupun jor-joran, melainkan untuk lebih meyakinkan semangat dalam menjaga dan melestarikan kesenian Bali. “Paguyuban Seniman Bali (PSB) ini dibangun oleh sebagian besar seniman seluruh Bali. Terutama seniman Tari, Karawitan dan Pedalangan,” kata Ketua PSB Made Kerta Suwirya disela-sela acara pengukuhan Pengurus PSB secara sekala niskala di Pura Samuantiga, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar pada Budha Umanis Dukut, Rabu 16 Maret 2022 malam.

PSB diharapkan sebagai sebuah lembaga independen mampu mewakili serta mewadahi segala bentuk pemikiran, gagasan, harapan dari seluruh seniman yang ada di Bali. Semua itu telah tertuang dalam AD/ART PSB telah dan akan mencurahkan sebagian besar konsentrasinya terhadap keberlangsungan dan kelestarian kesenian tradisi, termasuk melakukan pengabdian (ngayah) di Pura Sad Kahyangan dan Dang Kahyangan di Bali. “PSB juga telah menggelar upacara Pamlehpeh Jagat yang bertujuan untuk menjaga keharmonisan alam. Upacara tersebut digelar di Pura Dalem Ped Nusa Penida pada Budha Kliwon Gumbreg, Tilem Kapat, Rabu 6 Oktober 2021 lalu,” ungkapnya.

Ida Pedanda Gede Putra Kekeran saat memberikan petuah menitipkan tugas berat kepada PSB, yakni agar bisa menghidupkan wantilan seluruh Bali. “Akeh Wantilan anyar sampun didirikan di Gianyar, di Bali, kudang Milyar nike anggarannya. Titip Peranda siki, risampun puput wantilan ngudyang nike? Jadi ada tugas besar untuk PSB, bagaimana agar Wantilan itu bisa hidup dengan ragam seni. Peranda akan lihat action (aksi nyatanya) di pungkur wekas,” ungkap Ratu Pedanda.

Sebab tak dipungkiri, kesenian sangat erat kaitannya dengan Yadnya yang dilaksanakan umat Hindu di Bali. “Satyam siwam sundaram, kebaos ring sastra. Sundaram punika beauty kecantikan, keindahan, ketenangan, kedamaian. Supaya PSB nincapang ayah-ayahan ngemargiang Sundaram. Karena Agama Hindu di Bali, tidak bisa lepas dari sundaram. Tidak ada pelaksanaan agama yang dilaksanakan di Bali tanpa menghadirkan seni,” jelas Ratu Pedanda.

Baca Juga:  Ni Nyoman Tjandri Perkenalkan Arja Klasik Di Kalangan Milenial

Maka itu, Ratu Pedanda mengapresiasi PSB ini agar meningkatkan ayah-ayahan. “Seni suara, dekorasi, pahat, segala seni patut rauhang ritatkala tangkil ring Bhatara Siwa. Terlebih di Bali saat ini sedang dibangun Pusat Kebudayaan Bali di Kabupaten Klungkung. Maka para seniman lah yang akan memanfaatkan tempat itu ke depannya. Yang sudah memargi, tingkatkan lagi,” ajaknya.

Paguyuban Seniman Bali

PSB diminta membuatkan aturan yang bagus memaksa orang tidak bisa menjadi bisa. “Banjar ada 8 misalnya, bagi tugas. Yang mengaku tidak bisa megambel rekrut ajari megambel di Wantilan. Paguyuban Seni Bali punya tugas mem-back up. Ini pekerjaan besar, hitung berapa Wantilan sekarang di Bali? Berapa seni yang akan ditampilkan. Banyak. Keberadaan PSB ini pula diyakini akan membantu Dinas Kebudayaan Kabupaten maupun Provinsi dalam hal pembinaan seni,” terang Ratu Pedanda.

Bupati Gianyar dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar I Gusti Agung Widyawati berharap PSB sebagai wadah pelaku seni dapat berperan aktif dan berkontribusi nyata dalam pengembangan seni. “Kami mengajak seluruh jajaran PSB dapat mengambil peran dalam melaksanakan pembinaan guna mempersiapkan generasi muda kita sebagai generasi penerus,” ujarnya.

Pengurus Paguyuban Seniman Bali dikukuhkan secara sekala niskala. Secara Niskala melalui upacara Mejaya-jaya yang dipuput Ida Pedanda Gede Putra Kekeran dan secara sekala dengan simbolis penyematan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Gianyar I Gusti Agung Widyawati.

Ketua Umum PSB Provinsi Bali dipercaya I Made Kerta Suwirya. Tokoh kreator yang aktif melakukan pembinaan seni asal Banjar Bedil, Desa Sukawati ini menjalankan roda organisasi paguyuban bersama 9 Ketua PSB Kabupaten/Kota se Bali dan sejumlah seniman kenamaan Bali. Sebut saja, diantaranya Trio pelawak Celekontong Mas I Nyoman Ardika alias Sengap, Komang Dedi Diana alias Tompel, dan Sokir. Selain itu juga ada Ketut Suanda alias Cedil.

Baca Juga:  Kagum Pada Tenganan Pegringsingan

Posisi Ketua PSB Kabupaten Gianyar diisi oleh Ketut Wirtawan, Ketua PSB Denpasar direngkuh Putu Adi Sujana, PSB Buleleng dipimpin Gede Pande Satria dan PSB Negara dikomandoi I Gede Satria Budhi Utama. Ketua PSB Karangasem diduduki oleh I Kadek Suryanta Antara, Ketua PSB Klungkung dipegang oleh I Wayan Susana, jabatan ketua PSB Badung dipegang oleh I Wayan Agun Adi Putra, serta I Nyoman Jhonson juga menjabat ketua PSB Kabupaten Bangli dan Ketua PSB Tabanan dipegang I Nyoman Sujana. [B/*]