500 PKK Menari Pendet di Lapangan Sapta Dharma Pejeng

 500 PKK Menari Pendet di Lapangan Sapta Dharma Pejeng

Sungguh pemandangan yang sangat indah. Sebanyak 500 wanita, merupakan anggota Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Desa Pejeng menari Pendet di Lapangan Sapta Dharma Pejeng, Kabupaten Gianyar, Selasa 13 September 2022. Ibu-ibu ini bergerak penuh ekspresif, kompak dan penuh kelembutan mengikuti iringan gamelan. Itulah suasana pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Desa Pejeng.

Penampilan tarian pendet ini menjadi istimewa, karena Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra juga tampak hadir dan ikut menarikan tarian penyambutan itu. Busananya tergolong sederhana, yakni baju kebaya merah dan kain hitam motif serta selendang, namun ibu-ibu ini menari penuh ekspresif. Masyarakat yang berkumpul di lapangan itu, terkesima dengan sajian seni PKK itu.

Porseni Desa Pejeng dibukia Bupati Gianyar I Made Mahayastra sebagai cermin kebersamaan atau persatuan masyarakat desa. Melalui ajang ini, generasi muda dapat diarahkan pada kegiatan positif, serta semakin menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan pada desa. ”Hal ini membuktikan kekompakan dan kebersamaan, serta rasa kekeluargaan yang tinggi antar seluruh komponen yang ada di Desa Pejeng, sehingga Porseni desa dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Porsenides merupakan wadah pembinaan olahraga dan seni di tingkat desa. “Pelaksanaan Porsenides ini bertujuan untuk membangkitkan kembali olahraga dan seni yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19 dan guna semakin mempererat semangat rasa kebersamaan, kekeluargaan,” ungkap Kepala Desa Pejeng I Wayan Sukarsa. [B/*]

Baca Juga:  Band Gigi Menggoyang Panggung Sanfest 2022

Artikel Terkait