Pemandu Wisata Budaya di Buleleng Tingkatkan Pengetahuan

 Pemandu Wisata Budaya di Buleleng Tingkatkan Pengetahuan

Budaya Bali yang unik, dan alamnya yang menawan membuat masyarakat asing tak pernah jemu untuk berkunjungi pulau mungil ini. Budaya Bali sebagai roh pariwisata ini, seakan mampu menghipnotis orang-orang untuk datang ke Bali. Karena itu, pemandu wisata di Buleleng mengikuti pelatihan budaya. Pelatian yang berlangsung di Gaia Oasis Beach Resort, Desa Tejakula, Kabupaten Buleleng diikuti sebanyak 40 orang pemandu wisata yang tersebar di 40 desa wisata dari 75 desa wisata. Pelatihan, akan berlangsung selama 3 hari, yaitu tanggal 28 – 30 September 2022.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Pariwisata Buleleng Putu Oka Sastra, SP.,MMA yang mewakili Kepala Dinas Pariwisata saat membuka pelatihan itu menyebutkan, pelatihan Pemandu Wisata Budaya Tahun Anggaran 2022 Pelatihan, akan berlangsung selama 3 hari, yaitu tanggal 28 – 30 September 2022. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi para pemandu wisata budaya. “Pelatihan ini penting, agar dapat meningkatkan profesionalisme dan kualitas pelayanan pemandu wisatawan,” katanya, Kamis 28 September 2022.

Buleleng memiliki cagar budaya, museum yang memiliki potensi wisata dan pelatihan ini diadakan sebagai upaya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Pariwisata untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di desa khususnya di bidang pariwisata. “Harapannya, para pemandu wisata dapat memberikan informasi yang baik dan komprehensif kepada wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung.” imbuhnya.

Ketua Panitia dalam laporannya yang dibacakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Pariwisata Kadek Mila Pradnyani, SE.,MAP menyampaikan, kegiatan pelatihan tersebut dilatarbelakangi dengan upaya untuk meningkatkan motivasi, kompetensi dan partisipasi masyarakat khususnya stakeholder di kabupaten Buleleng dalam pembangunan kepariwisataan serta dalam upaya membudayakan dan mewujudkan sadar wisata Sapta Pesona dalam kehidupan masyarakat.

Baca Juga:  Tiga Sekaa Gong Duta Kabupaten Buleleng Sepakat Lestarikan Seni Khas

Kegiatan pelatihan diisi dengan pemaparan materi narasumber dari unsur akademisi Undiksha, HPI Bali dan Praktik Kepemanduan Wisata Budaya oleh Wawan Ode bertempat di desa wisata Julah, Tejakula, Buleleng pada akhir kegiatan. Hadir pada kesempatan ini, para Kabid lingkup Dispar Buleleng, unsur akademisi Undiksha, DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali dan peserta pelatihan pemandu wisata dari beberapa desa wisata. [B/*]