Seres Springs Resort & Spa Singakerta Terapkan “Green Concept”

 Seres Springs Resort & Spa Singakerta Terapkan “Green Concept”

Menjaga pariwisata Bali adalah menjaga lingkungannya. Itulah prinsip Seres Springs Resort & Spa Singakerta dalam mewujudkan pariwisata Bali yang berkelanjutan. Resort yang beralamat di Jalan Jukut Paku, Desa Singakerta, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali itu memiliki aktivitas rutin dalam menjaga lingkungan yang asri. “Pada 30 September 2022 lalu, kami melakukan Clean-up Day serta mengumpulkan plastik sekali pakai,” kata Director of Operations and General Manager, I Nyoman Prabawa, Senin 10 Oktober 2022.

Seres Springs Resort & Spa Singakerta yang melibatkan seluruh jajaran manajemen dan staff pada kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan sebanyak 48,5 kg plastik berasal dari berbagai macam bahan yang berbeda. Barang yang paling umum dikumpulkannya, berupa plastik sekali pakai, seperti kantong plastik, botol plastik, sedotan, dan plastik makanan ringan. “Kegiatan Clean-up Day bertujuan untuk membantu untuk mengurangi sampah dari jalan, ruang publik dan juga sungai,” imbuhnya.

Pada saat itu, Seres Springs Resort & Spa bukan hanya sekedar Clean-up Day saja, tetapi sudah menjadi bagian dari komitmen bersama dengan manajemen SereS Springs dalam membantu meningkatkan kesadaran akan bahaya sampah plastik di pulau Bali. “Kami harap kegiatan ini dapat mendorong masyarakat secara luas untuk melakukan bagian mereka dalam melindungi lingkungan dengan penuh semangat dengan mengurangi ketergantungan mereka pada penggunaan plastik,” harapnya.

Green Concept

Prabawa mengatakan, kegiatan Bali Clean-up Day ini merupakan kesempatan untuk memperkuat komitmen resor terhadap Tri Hita Karana, filosofi Gaya Hidup Hindu Bali yang menjaga keseimbangan yang harmonis antara umat manusia (Pawongan), lingkungan (Palemahan), dan Tuhan Yang Maha Esa (Parahyangan). “Dalam aspek kelestarian Lingkungan, SereS Springs telah menerapkan green concept dalam kampanye hemat energi seperti salah satunya adalah AC dikamar hotel akan secara otomatis mati setiap kali pintu balkon dibuka,” bebernya.

Baca Juga:  Ini Pilihan Menu Brunch dari Infinity8 Bali

Sistem pengelolaan sampah telah dilakukan dengan menyediakan kompartemen sampah tersendiri untuk memisahkan jenis sampah, seperti sampah plastik, organik, kertas, minyak goreng bekas termasuk bahan berbahaya dan beracun. “SereS Springs bekerja sama dengan vendor untuk mengurus sampah dan dalam rencana pengolahan limbah serta rencana pengolahan limbah binatu, SereS Springs menggunakan air limbah untuk memelihara lanskap dan taman. SereS Springs juga melakukan pemeriksaan laboratorium secara berkala untuk memantau kualitas air limbahnya,” pungkas Prabawa. [B/*]