Bulan Bahasa Bali Ke-5 Digelar Pebruari 2023, Dimerahkan Berbagai Lomba. Ayo, Mendaftar!

 Bulan Bahasa Bali Ke-5 Digelar Pebruari 2023, Dimerahkan Berbagai Lomba. Ayo, Mendaftar!

Bulan Bahasa Bali ke-5 akan berlangsung sebulan penuh, tanggal 1-28 Februari 2023. Bulan Bahasa Bali mengusung tema “Segara Kerthi: Campuhan Urip Sarwa Prani” yang dimaknai sebagai altar pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali untuk memaknai laut sebagai awal dan akhir kehidupan segenap makhluk. Pelaksanaannya, menyajikan 6 kegiatan pokok, yaitu Krialoka (Workshop), Widya Tula (Seminar), Wimbakara (Lomba), Sesolahan (Pergelaran), Reka Aksara (Pameran), dan Penganugrahan Bali Kerthi Nugraha Mahottama.

Masyarakat dari berbagai kalangan diharapkan bisa terlibat dalam ajang sastra dan aksara Bali terbesar yang digulirkan pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) itu. Karena itu. Disbud Bali telah membuka pendaftaran secara umum, seperti lomba Baligrafi, Drama Bali Modern, Foto, Gending Rare, Komik, Menggambar, Mewarnai, Musikalisasi Puisi, Ngripta Kekawin, Ngripta Prasi, Ngewacen Puisi dan lomba Pengenter Acara.

Lomba ini akan memperebutkan juara serta hadiah menarik berupa uang jutaan rupiah dan piagam penghargaan. Hal ini untuk memberikan motivasi bagi peserta lomba. “Kami berharap keterlibatan peserta dari berbagai kalangan, terutama sekolah di Bali dalam ajang Bulan Bahasa Bali tahun 2023 ini. Pendaftaran sudah mulai dilaksanakan dengan mengisi formulir Google Form melalui tautan https://linktr.ee/bahasabali,” kata Kepala Bidang Sejarah dan Dokumentasi Kebudayaan A.A Ngurah Bagawinata di Kantor Disbud Provinsi Bali, Kamis (12/1).

Kriteria lomba Baligrafi, peserta merupakan masyarakat umum dengan batasan umur 15 – 30 Tahun. Jumlah peserta maksimal 50 orang. Lomba akan digelar pada Minggu, 19 Februari 2023 di Kalangan Ayodya. Untuk lomba Drama Bali Modern diikuti oleh kelompok siswa SMA/SMK yang masing-masing kelompok beranggotakan 10 – 25 orang. Lomba Drama Bali Modern akan berlangsung 16 – 18 Pebruari 2023. “Lomba drama Bali modern ini menggunakan bahasa Bali, diperkaya dengan unsur-unsur dialek yang ada di Bali, mengandung unsur budaya Bali dengan durasi pementasan 25 – 30 menit,” ucapnya.

Baca Juga:  Seniman Cilik Mainkan Gender Wayang, Penonton Terpesona

Sementara lomba Fotografi dan Caption Berbahasa Bali pesertanya masyarakat umum. Karya foto merupakan karya sendiri, belum pernah menjuarai lomba lain maupun dipublikasikan di media manapun. Peserta hanya diperbolehkan mendaftarkan 1 foto dengan caption (ulasan) berbahasa Bali paling sedikit 3 (tiga) kalimat.

Lomba Gending Rare peserta adalah masyarakat umum yang merupakan siswa SD kelas IV/V/VI. Jumlah peserta maksimal 25 orang, pendaftaran dibatasi paling lambat pada 31 Januari 2023. Peserta menampilkan nyanyian secara langsung dengan membawakan satu gending raré wajib yang berjudul “Juru pencar” (naskah terlampir) dan satu gending raré pilihan berjudul Majangeran, Peteng Bulan, Dadong Dauh, Mati delod pasih, Bibi Rangda, Putri Cening Ayu, Meong-Meong, Made Cenik, dan Sekar Emas.

Lomba Komik Online adalah sayembara, kejuaraan, atau kompetisi yang melibatkan sekelompok peserta untuk membuat komik. Rentetan gambar tersebut merupakan representasi pesan dalam wujud gambar, yang biasanya ditambahkan teks sebagai representasi wujud suara (audial) dalam bentuk visual (diam). “Untuk lomba Komik Online, penyampaian pesannya berkonsep storytelling, menggunakan platform online, bisa diakses atau dibaca melalui media elektronik selama terhubung dengan koneksi internet,” paparnya.

Sementara lomba Menggambar bertema Satua Bali peserta masyarakat umum yang merupakan siswa SD. Jumlah peserta maksimal 50 kelompok. Pendaftaran paling lambat pada tanggal 2 Februari 2023. Sedangkan untuk lomba Mewarnai Tingkat Paud putra atau putri yang merupakan perwakilan Sekolah PAUD di Bali. Setiap PAUD dapat mengirimkan maksimal 2 peserta. Pesertanya dibatasi maksimal 100 orang sebagai pendaftar pertama. Pendaftaran paling lambat pada 10 Februari 2023. Pelaksanaan lomba pada Rabu, 15 Pebruari 2023 pukul 09.00 WITA bertempat di Kalangan Ayodya.

Lomba Musikalisasi Puisi Bali peserta masyarakat umum merupakan sebuah kelompok yang terdiri dari 5 – 7 orang. Pendaftaran dibatasi paling lambat pada tanggal 2 Februari 2023.

Baca Juga:  "Usadha" Bermanfaat Bagi Kehidupan Sehari-hari

Para peserta menampilkan satu puisi wajib berjudul “Segara Sanusantara” karya I Made Sanggra dan puisi bebas ditentukan oleh peserta sendiri sesuai dengan tema Bulan Bahasa Bali V.

Lalu, lomba Ngripta Kekawin pesertanya masyarakat umum. Pendaftaran peserta dibatasi paling lambat pada tanggal 6 Pebruari 2023. Lomba Ngripta Prasi peserta masyarakat umum dengan batasan umur 15 – 30 Tahun. Jumlah peserta dibatasi oleh panitia maksimal 50 orang. Pendaftaran Peserta dibatasi paling lambat pada tanggal 4 Februari 2023.

Lomba Ngwacen Puisi Bali Anyar peserta adalah masyarakat umum yang merupakan siswa SMP. Peserta membawakan satu puisi wajib “Pasisi Sanur” karya I Made Sanggra, dan satu puisi pilihan bertema sesuai tema Bulan Bahasa Bali V yang bisa diambil dari puisi yang sudah diterbitkan atau puisi karangan sendiri. Pendaftaran paling lambat pada tanggal 3 Februari 2023. Sedangkan lomba Pangenter Acara, peserta merupakan siswa SMA/SMK/Mahasiswa. Peserta paling lambat mendaftar pada tanggal 8 Pebruari 2023, dan pelaksanaannya pada Minggu, 12 Pebruari 2023 pukul 09.00 WITA di Gedung Ksirarnawa. [B/*]