Monez Bawa Skill Ilustrator ke Festival Suara. Ajang Perayaan Kreativitas Segudang Karya Seni di Tabanan

 Monez Bawa Skill Ilustrator ke Festival Suara. Ajang Perayaan Kreativitas Segudang Karya Seni di Tabanan

Artis seni, Ida Bagus Ratu Antoni Putra bakal memeriahkan “Festival Suara” yang bakal digelar di Nuanu, Dusun Nyanyi, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, pada 13 – 14 Mei 2023. Seorang ilustrator asli Bali dengan reputasi mendunia itu membawa skill ilustratornya untuk mewarnai festival tersebut. Karya-karyanya pasti menarik, sebab akar Bali telah memberinya dasar yang kuat dalam berseni, bahkan seiring berjalannya waktu ia membangun gaya dan ciri khasnya sendiri dalam karya-karyanya.

Pria yang lebih dikenal dengan sebutan ‘Monez’ itu telah enam tahun bekerja di industri garmen sebagai desainer pola telah membawa pengaruh besar pada gayanya. Tema-tema gelap dari karya-karya yang dibuat sebelumnya, telah berubah menjadi lebih menyenangkan dengan banyak warna meriah pada karya-karyanya yang terakhir. “Karya-karya saya banyak dipengaruhi oleh fabel dan cerita rakyat,” kata Monez bangga, belum lama ini.

Monez telah mengembangkan dan memperoleh reputasi yang kuat sebagai ilustrator dengan banyak proyek, dan undangan sebagai pembicara di lokakarya seni, seminar, dan pertemuan lainnya. Mural berskala besar muncul di dinding restoran di Bali. Monez juga merancang buku anak-anak yang diterbitkan di Amerika Serikat. Bahkan, kebun binatang terbesar di Pulau Dewata, Bali Zoo, memintanya untuk merancang peta dan bus wisata.

Lompatan besar dalam karirnya adalah presentasi yang dilakukan di Apple Store di Singapura untuk acara ‘Today at Apple’. Dampaknya begitu besar, tidak hanya bagi dirinya secara pribadi, tetapi juga bagi komunitas ilustrasi di Bali. “Saya merasa, potensi pertumbuhan dalam industri membuat saya lebih adaptif dalam industri ini. Seiring pandemi yang telah mereda dan bisnis di Bali kembali bangkit, bahkan semakin berkembang, saya akan semakin sibuk mengerjakan beberapa proyek,” ujarnya tersenyum senang.

Baca Juga:  Ni Luh Desi In Diana Sari Ciptakan Desain Kemasan Bambu Ramah Lingkungan Berkonsep ‘Tri Ratimaya’

Ajang seni udaya bertajuk “Suara Festival” itu menjadi proyek besar bagi Monez di tahun 2023. Festival yang digelar selama dua hari ini, merupakan perayaan kreativitas dengan segudang karya seni. Disini, Monez akan berperan sebagai kepala ilustrator di Suara Festival yang akan berlangsung di Nuanu. “Nuanu, suatu tempat di Nyanyi dengan rasa kebersamaan yang kuat. Sawah hijau yang subur mengelilingi tempat itu, dan penduduk setempat berkomitmen untuk melindungi dan melestarikannya,” ungkapnya.

Tempat ini masih memiliki bentangan saya di lahan seluas 44 hektar. Nuanu adalah tempat baru di Bali yang memberikan inspirasi untuk hidup selaras dengan alam, memikirkan, menciptakan, dan berusaha untuk memberikan pengaruh positif bagi generasi muda. Nyanyi terkenal dengan keindahan pantainya, dekat dengan Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot, tak juah pula dari kawasan wisata Canggu. [B/*]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi seni budaya di Bali

Related post