Man Kenyung dan Bli Gamut Tour Eropa 2023

 Man Kenyung dan Bli Gamut Tour Eropa 2023

Man Kenyung dan Bli Gamut memberikan workshop kesenian Bali di Belanda/Foto: ist

Ini sungguh kejutan, sekaligus membanggakan. Man Kenyung dan Bli Gamut yang diperankan oleh I Made Wardana didapuk sebagai duta seni yang melakukan Tour Eropa 2023. Selain mengadakan workshop kesenian Bali, juga menggelar pertunjukan Gamelan Mulut (Gamut) dan gamelan Bali.

Lawatan seni ini merupakan rangkaian kegiatan Gamelan Week Swara Santi yang berlangsung dari tanggal 21-29 Juli 2023. Warga Belanda, menyambut sajian seni yang kreatif dan inonatif ini, sehingga antosias mengikuti workshop ataupun menyaksikan pementasan seni.

Hanya bermodalkan suara mulut serta 2 tokoh bertopeng Man Kenyung dan Bli Gamut, penonton terbahak terhibur lega. Warga belanda bertepuk tangan, tergoda hebat dengan suguhan Gamut yang dimainkan oleh I Made Wardana yang akrab disapa Pak Ciaaattt di Amstelveen Belanda, Jumat, 28 Juli 2023.

Pertunjukan ini, merupakan rangkaian kegiatan Gamelan Week Swara Santi dari tanggal 21-29 Juli 2023 yang menyuguhkan workshop dan pertunjukan Gamut dan gamelan Bali.

Tokoh Bli GAMUT dengan topeng wajah yang cerewet membawa penonton dalam suasana haru. Ia bercerita tentang seniman yang berupaya bangkit di masa pandemi. Lirik gending diucapkan dengan manis, kemudian diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan Belanda, sehingga membuat penonton semakin antusias.

Man Kenyung dan Bli Gamut Tour Eropa 2023/Foto: ist

Tidak itu saja, suasana cerah dan ceria kembali membuat penonton terkesima ketika tokoh Man Kenyung hadir dengan senyuman khas abadi selamanya. Suasana dalam adegan itu, seketika membuat gelak tawa penonton, hingga menghanyutkan hati dengan sapaan khas Kling..Kling..Kling.

Salah satu warga Belanda, Nicolaas Johannes van Zuidam Aniadi yang menyaksikan pertunjukan itu terkesima. “Saya sangat menikmati, dan terkesima dengan karakterisrik topeng. Interaksi dengan public, serta humoristik yang sangat apik dibawakan dalam pertunjukan. Seniman Gamut ini sangat profesional, dan eksentrik,” katanya.

Baca Juga:  Buka di Ubud, Syrco BASÈ Gabungkan Gastronomi, Mixologi, dan Keberlanjutan

Pertunjukan Gamut di Belanda ini, merupakan show perdana yang dilakukan oleh I Made Wardana dalam program Gamut Europe Tour 2023 dari tgl 17 Juli -30 September 2023. “Saya berharap Gamut Europe Tour dapat mencuri perhatian, sekaligus mengangkat kredibilitas dan kreatifitas seniman Indonesia di dunia Internasional,” ujar Bli Ciaaattt… ini.

Menurutnya, hal ini sangat penting untuk menjaga image dan citra Indonesia di luar negeri, utamanya di Eropa. Gamut Europe Tour 2023 ini berlangsung selama 2,5 bulan yang pentas di Belanda, Belgia, Jerman dan Perancis. “Saya sangat berterimakasih kepada para sponsor, Kemendikbud serta pecinta Gamut yang memberikan dukungan hebat ini,” pungkas alumnus Sekolah Tinggi Seni Indonesia (ISI Denpasar sekarang). [B/*]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi seni budaya di Bali

Related post