Tour Eropa, Man Kenyung dan Dubes RI Brussel Menari Bersama Rayakan Kemerdekaan RI Ke-74

 Tour Eropa, Man Kenyung dan Dubes RI Brussel Menari Bersama Rayakan Kemerdekaan RI Ke-74

Man Kenyung dan Dubes RI Brussel, Andri Hadi Menari Bersama Rayakan Kemerdekaan RI Ke-74/Foto: ist.

Ini bukan berita baru! Budaya Bali menjadi primadona bagi warga asing. Sebut saja di negeri Belgia. Warga Belgia begitu dekat dengan kebudayaan Bali, terutama seni gamelan dan tarian Bali. Ketika kesenian Bali disajikan, warga Belgia langsung menyerbunya.

Menariknya, para seniman Bali juga tidak berdiam diri. Apresiasi yang diterimanya bukan membuat berpuas diri, melainkan terus berkreasi, selalu memunculkan inovasi baru agar tidak terkesan monoton. Maka tak heran, setapak demi setapak tautan baru bermunculan.

Ya, koneksi antar budaya Indonesia dan Belgia (Eropa) terjalin manis dalam keseharian. Dan, akhirnya terjalin dalam jembatan budaya yang membangkitkan persahabatan kebudayaan antara warga Indonesia dan juga warga Belgia.

Dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 pada tanggal 17 Agustus 2023 lalu, terlihat berbaurnya masyarakat Belgia dan Indonesia saat menikmati Bazar Indonesia dengan kilasan budaya nusantara dari seni musik, tari juga kuliner yang maha sedap.

Perayaan HUT RI tahun 2023 itu, begitu meriah, bersemangat, menghibur dan yang pasti tak terlupakan. Kesuksesan acara tersebut tidak terlepas dari energi positif Duta Besar (Dubes) RI, Andri Hadi yang ramah terhadap warga, menyatu dalam harmoni musik.

Dubes, Andri Hadi, bahkan ikut menari bersama topeng Man Kenyung yang dibawakan oleh I Made Wardana, seniman Bali yang menciptakan Gamelan Mulut (Gamut). Mereka berdua menari penuh ekspersi, sehingga mampu memikat peserta perayaan saat itu.

Man Kenyung menari diiringi Gamut memikat warga di Brussel/Foto: ist.

Topeng Man Kenyung yang sangat khas menari diiringi Gamut mampu memikat publik. Senyumnya yang sangat manis sangat memikat. Karakter tersebut sangat kuat dan dijiwai oleh I Made Wardana. Maka tak heran, tarian topeng Man Kenyung mengundang, Dubes Andri Hadi ikut menari.

Saat itu, secara spontan Dubes Andri Hadi menggerakan tangannya. Ia menarikan gerak tari Bali, seledet mata sebagai ciri khas tari Bali. Bahkan, tidak lupa berekpresi, sehingga masyarakat penonton dengan sangat hormat memberi applaus kepada Dubes Andri Hadi itu.

Baca Juga:  Tari Kontemporer “Terdampar” Suguhan Qakdanjur di Festival Seni Bali Jani

Sungguh mengagumkan, ikut menari, memberi apresiasi yang tinggi terhadap seniman Gamut dan menghargai dengan ketulusan. “Apresiasi yang diberikan tersebut, akan dikenang selamanya dan menjadi teladan dalam memajukan peradaban kebudayaan Indonesia di Luar Negeri,” kata Made Wardana.

Made Wardana memang sedang melakukan Gamut Tour 2023 yang berkeliling ke 5 negara di Eropa, yaitu Belanda, Belgia, Luksemburg, Jerman dan Perancis dari tanggal 18 Juli-30 September 2023.

Di Belgia itu, pria yang sering disapa Bli Ciaaattt itu telah melakukan berbagai pertunjukan Gamut, seperti di Estivales Pairi Daiza pada tanggal 11-12 Agustus, Perayaan HUT RI tanggal 17 Agustus 2023.

Pertunjukan selanjutnya berlangsung di Amazing Asia pada tanggal 26-27 Agustus 2023 yang didukung penuh oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Brussel sebagai ujung tombak promosi citra dan image Indonesia di negeri Eropa ini. [B/*/darma]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi seni budaya di Bali

Related post