Melintasi Jarak ke Ujung Mimpi: Dialog Dini Hari Rilis ‘Miles Away’

 Melintasi Jarak ke Ujung Mimpi: Dialog Dini Hari Rilis ‘Miles Away’

Dialog Dini Hari merilis single terbaru berbahasa Inggris ‘Miles Away’/Foto:ist

Dialog Dini Hari merilis single “Miles Away” berbahasa Inggris. Single berdurasi 3 menit 48 detik ini dijadwalkan akan tersedia di semua kanal musik digital populer pada 15 September 2023. Persembahan musik ini membawa suasana ceria dan optimis, sambil mengajak pendengar untuk menghadapi “iblis” yang menghalangi jalan menuju masa depan yang lebih cerah.

Dialog Dini Hari yang telah hadir dalam dunia musik sejak 2008, dikenal dengan gaya beraliran blues, folk, dan ballad. Mereka telah merilis beberapa album sukses seperti “Beranda Taman Hati” (2009), EP “Dialog Dini Hari” (2010), “Tentang Rumahku” (2014), dan “Parahidup” (2019).

Dialog Dini Hari terus mempertahankan dedikasi mereka terhadap musik folk yang mendalam dan bermakna. Band ini terdiri dari Dadang SH Pranoto sebagai vokalis dan Deny Surya sebagai drummer. “Miles Away adalah pengingat akan pentingnya memulai langkah kecil untuk mencapai tujuan yang jauh lebih besar,” kata Deny Surya, Jumat 15 September 2023.

Dalam persiapan rilis single ini, Dialog Dini Hari bekerja sama dengan kolaborator berbakat, termasuk Kristian Dharma yang memainkan bass, Aweng Himawan yang memainkan banjo, dan back vocal dari Jascha Riri, Lyta Lautner, dan Rico Mahesi.

“Yang paling menarik adalah petualangan pencarian sound design, proses sketch sudah ada sejak awal, kita lebih fokus ke arranging. Itu saking eksperimen soundnya sampe pake panci segala.” ujar Kristian Dharma terkekeh.

Dialog Dini Hari merilis single terbaru berbahasa Inggris ‘Miles Away’/Foto:ist

Lagu ini yang akan menjadi bagian dari album terbaru Dialog Dini Hari akan sangat penuh petualangan baru, talenta-talenta baru yang terlibat. “Bisa dibilang, ini lagu membuka gerbang pengalaman-pengalaman baru petualangan kami sebagai musisi. Sekaligus membuka jaringan-jaringan baru untuk bekerja sama lebih lanjut kedepan, apapun itu,” sebut Dadang SH Pranoto.

Baca Juga:  Sampoerna Academy Hadir di Ubud Writers & Readers Festival 2022. Beri Inspirasi Pembentukan Kreativitas Anak melalui Literasi

Dalam single ini merupakan kolaborasi istimewa dengan Danny Reisch, drummer band Other Lives yang juga telah menjadi mixing engineer untuk artis-artis terkenal seperti Local Natives dan Barns Courtney.

Danny memiliki hampir 2 dekade pengalaman production/engineering musik, telah mengikuti lebih dari selusin tur dunia bermain drum untuk Shearwater dan Other Lives dan memegang gelar Bachelor of Music dari Texas State University. Good Danny’s adalah ruang kreatif dan studio produser miliknya.

Dadang Pranoto dan Deny Surya sangat mengagumi sosok Danny Reisch sebagai musisi dan juga sebagai seorang Engineer kelas dunia, profile Danny Reisch. “Wow, I like the source file you guys gave me,” komentar Danny Reisch atas materi single yang dipersiankan oleh Dialog Dini Hari.

Proses rekaman dilakukan di Studio Uma Pohon di Denpasar pada bulan Juni 2023. Studio baru yang dibangun oleh Pohon Tua dibantu oleh rekan-rekannya. Kemudian mixing oleh Danny Reisch di Electric Ear Studio, Los Angeles, CA, dan mastering oleh Max Lorenzen di Rare Ear Studio, Lockhart, TX. Single ini dirilis di bawah label rekaman Rain Dogs Records.

Kehadiran Danny Reisch memberikan warna yang fresh secara bunyi untuk Dialog Dini Hari. “Selain itu aku menikmati proses bekerja bersama Kristian dan Aweng. Dedikasi mereka untuk menginvestasikan waktu dan tenaganya luar biasa, aku dan Dadang banyak mendapatkan pelajaran dari mereka,” ujar Deny Surya dengan raut serius.

Dialog Dini Hari juga merilis video lirik “Miles Away” yang akan hadir pada tanggal 20 September 2023. Ini untuk memperkaya pengalaman mendengarkan single ini dengan visual yang menarik di Rossinière, sebuah kota di distrik Riviera-Pays-d’Enhaut, Kanton Vaud.

Baca Juga:  Bali Live On Nature 2020 | Sing with the universe, MCast Pregina Showbiz Bali

Para penggemar Dialog Dini Hari akan disajikan penampilan perdana “Miles Away” yang akan dibawakan secara langsung di Pestapora Festival di Jakarta pada tanggal 22 September 2023. “Ini adalah kesempatan langka untuk merasakan energi single “Miles Away” secara langsung,” imbuh Deny Surya.

Dalam “Miles Away,” Dialog Dini Hari menyampaikan pesan optimisme yang tulus dan keberanian dalam menghadapi rintangan dan hambatan. Dengan lirik-lirik yang memikat, mereka mengajak pendengar untuk bersama-sama menghadapi perjalanan yang tak terhindarkan dalam hidup ini. [B/pra]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi seni budaya di Bali

Related post