Peed Aya Duta Kota Denpasar, Libatkan 500 Talenta Muda Menuju Arena Pawai PKB XLVI

 Peed Aya Duta Kota Denpasar, Libatkan 500 Talenta Muda Menuju Arena Pawai PKB XLVI

Peed Aya (Pawai) Duta Kota Denpasar siap tampil pada Pembukaan PKB XLVI/Foto: ist

Menyaksikan permainan kendang dengan jumlah banyak, mungkin sudah biasa. Tetapi, yang disajikan oleh Duta Kota Denpasar ini pasti lebih dari biasa. Sebab, yang memainkan salah satu gamelan barungan baleganjur itu adalah anak-anak muda setingkat smp dan SMA.

Teknik dan permainanya sangat beda. Gegedig (pikulan) tampak jelas, dan kelihatan mereka sudah akrab dengan alat musik gamelan terbuat dari kulit sapi itu. Mereka tampil seakan tanpa beban. Bahkan, justru tampak enteng, berjalan ringa dan penuh ekpresi.

Tak hanya itu, para penari yang memperagakan busana khas Kota Denpasar juga memikat, dan sangat cantik. Tentu para pendukung ini merupakan pilihan, sehingga sejak awal hingga akhir pergelarnnya menampilkan yang terbaik, dan yang pasti menarik.

Itulah penampilan Tim Kesenian yang tergabung dalam Peed Aya (Pawai) Duta Kota Denpasar memastikan kesiapannya pada Pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI. Walau tampil dealam percobaan, gladi mereka tampak serius, dan benar-benar tampil sungguhan.

Baca Juga:  Materi, Jadwal dan Pasangan Mebarung Tiga Sekehe Gong Kebyar Duta Kota Denpasar pada PKB XLVI

Pelaksanaan gladi dan pembinaan itu berlangsung di Halaman Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar, Minggu 2 Juni 2024. Acara yang tergolong penting itu dihadiri langsung oleh Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, serta pejabat lainnya.

Peed Aya (Pawai) Duta Kota Denpasar siap tampil pada Pembukaan PKB XLVI/Foto: ist

Dalam Pawai PKB ini, Tim Kesenian Kota Denpasar melibatkan 500 talenta kawula muda yang berasal dari sanggar, sekolah, sekaa teruna, serta komunitas seni lain di Kota Denpasar. Dalam mempersiapkan kesenian ini, Tim Kesenian ini mendapatkan uang pembinaan Rp250 juta.

“Untuk garapan Peed Aya dalam Pembukaan Pawai PKB 2024 ini, kami Tim Kesenian Kota Denpasar membawakan tema ‘Cokorda Mantuk Ring Rana’,” ungkap Koordinator Pawai Duta Kota Denpasar, Ida Bagus Eka Harista disela-sela gladi.

Pertunjukan dalam pawai akan dilakukan dengan berjalan yang melambangkan bentuk dari keharmonisan hidup beragam etnis dan budaya di Kota Denpasar. “Terkait koreksi yang disampaikan oleh tim pembina PKB Kota Denpasar, itu penting bagi kami,” imbuhnya.

Baca Juga:  Karnaval Ogoh-ogoh Anak Memikat Pengunjung Kasanga Festival 2023

Koreksi yang diberikan akan menyempurnakan garapan yang sedang disiapkan. “Semua koreksi yang diberikan akan menjadi catatan penting bagi kami untuk bahan evaluasi dan referensi, seperti soal durasi tampil serta penampilan lainnya,” ujasnya.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menyampaikan apresiasi dan motivasi kepada seluruh talenta muda Denpasar yang tergabung dalam Yayasan Giri Sakti. Hal ini, agar dapat mempersiapkan penampilan terbaiknya pada Pawai Pembukaan PKB nanti.

Pihaknya dalam kesempatan tersebut juga berterima kasih kepada seluruh komponen termasuk orang tua peserta pawai yang senantiasa mendukung dan mensupport anak-anaknya. “Sekilas yang kami lihat dari persiapan pada tahap ini sudah sangat baik dan matang,” ujarnya.

Walikota Jaya Negara kemudian mengingatkan untuk seluruh peserta dan para orang tua untuk selalu menjaga kesehatan anak sehingga semua berjalan lncar hingga pawai mendatang. “Kami berterima kasih kepada peserta pawai hingga orang tua peserta yang terus mendukung penuh Duta Kota Denpasar ini,” ucapnya. [B/*]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi seni budaya di Bali

Related post