Sekaa Gong Kesari Gringsing Duta Denpasar Tampil Dramatis dan Hidup Diajang PKB XLVI

 Sekaa Gong Kesari Gringsing Duta Denpasar Tampil Dramatis dan Hidup Diajang PKB XLVI

Sekaa Gong Kesari Gringsing Duta Denpasar/Foto: ist

Dua tari kreasi yang disajikan Duta Kota Denpasar pada Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI sangat menarik. Penonton yang membludak itu, terkesima dibuatnya. Tari tergolong baru itu, tak hanya menyajikan komposisi gerak tari atau penataan seni pertunjukan secara keseluruhan, tetapi menyampaikan pesan moral serta pendidikan, khususnya tentang sejarah dan budaya.

Kedua tari itu adalah Tarian Kerakyatan dengan judul “Gempur” dan Tari “Nyapuh Merana” disajikan dalam rekasadana (pergelaran) Gambelan Semaran Dana oleh Sekaa Gong Kesari Gringsing, Yayasan Tirta Kesari Maha Ugra, Pura Dalem Mutering Jagat Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur di Kalangan Ayodya, Taman Budaya Bali, Selasa 2 Juli 2024.

Tarian Kerakyatan “Gempur” atau Gerakan Melestarikan Pura yang mengangkat cerita asal usul Pura Dalem Mutering Jagat Kesiman Desa Adat Kesiman. Tari ini digarap oleh Made Gede Dwipayana, dan Ketut Suandita sebagai penata tabuh.

Sekaa Gong Kesari Gringsing Duta Denpasar/Foto: ist

Sedangkan Tari Nyapuh Merana merupakan penampilan pamungkas dari sekaa gong yang didukung oleh penabuh-penabuh muda yang kjreatif. Tari ini digarap apik yang terinspirasi dari proses ritual Sanghyang Sampat. Tradisi ini masih lestari di Desa Puluk-puluk, Kecamatan Penebel, Kabaten Tabanan.

Baca Juga:  Kalimosada: Usadha Bali Pinaka Panepas Pangradban Kaliyuga

Tari Nyapuh Merana ditata oleh Ni Wayan Meldy Septiari, Ni Made Sunariani, Ni Nyoman Triana Kusuma Dewi, Ni Komang Restiti dan Ni Made Okta Widiantari. Sementara penata tabuh Ketut Suandita yang akran disapa Kak Gong. Sedangkan Gede Arimbawa dan I Made Agus Natih Sutiyasa sebagai pembina tabuh.

Namun, sebelum pergelaran tari itu, penampilan Gambelan Semara Dana Duta Kota Denpasar diawali dengan Tabuh Kreasi “Sancaya Wikrama”. Tabuh ini mengisahkan perjalanan Maha Patih kerajaan Singa Mandawa dari Tampuhyang bukit penulisan Bangli.

Tabuh ini dibina oleh Gede Arimbawa dan I Made Agus Natih Sutiyasa dan penata tabuh Ketut Suandita. Seluruh garapan kesenian Gambelan Semara Dana Duta Kota Denpasar ini mampu memberikan kesan tersendiri.

Bahkan, semua penampilan itu, utamanya tari tampil dramatis, sehingga menambah hidup suasana pementasan. Sajian materi seni yang disajikan itu, dikemas sesuai tema Pesta Kesenian Bali tahun ini yakni “Jana Kerthi ”.

Baca Juga:  Konservasi Lontar Ida Pedanda Putra Pemaron Sidemen

Pergelaran Duta Gambelan Semara Dana yang memukau itu, juga disaksikan langsung oleh Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara. [B/*/darma]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi seni budaya di Bali

Related post