Nasi Hainan Malaysia Diolah di Anna Kitchen Canggu

 Nasi Hainan Malaysia Diolah di Anna Kitchen Canggu

Nasi Hainan Chicken paling diminati pengunjung Anna Kitchen Canggu/Foto: ist

Ketika disajikan di atas meja, aromanya terasa beda. Nasi berwarna kekuning-kuningan yang sudah tentu karena sudah dipadu dengan bumbu yang khas. Ada daging ayam dibakar yang dagingnya sangat lembut, sawi, telor dibelah dua, tiga iris mentimun serta dibubuhi sayur.

Padahal, hanya dipesan beberapa menit yang lalu, namun nasi itu langsung diantar oleh pelayan yang rapi dan cantik. Kata-katanya ramah, lalu ia menaruh menu itu di atas meja para tamunya. Sambil menebar senyum ramah, ia berkata, “Nasi Hainan Ayam Panggangnya pak, silahkan dinikmati”.

Itulah keramahan para pelayan Anna Kitcjen Canggu yang menawarkan Nasi Hainan khas Negeri Malaysia itu. Ni Komang Ratnayanti, owner sekaligus founder dari restotan ini yang merupakan keturunan Malaysia telah berhasil menemukan taste Nasi Hainan yang sangat pas di lidah masyarakat lokal juga wisatawan mancanegara.

“Ayah saya asli Malaysia dan ibu saya orang Bali. Saya tinggal di Malaysia dari kecil hingga dewasa, sehingga banyak menemukan taste yang beda. Saya lalu ke Bali mengolah Nasi Hainan dengan rasa sendiri serta dengan taste sendiri untuk masyarakat Indonesia dan warga dunia,” kata Ni Komang Ratnayanti pada Grand Opening Anna Kitchen, Senin 11 Desember 2023.

Anna Kitchen merupakan resto baru yang berlokasi di kawasan Wisata Canggu tepatnya, di Jalan Pantai Batu Bolong No.8x, Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Restoran ini menawarkan berbagai jenis Nasi Hainan, sebagai menu handalannya. Ada Nasi Hainan Chicken, Mie Chili Oil, Nasi Lemak, dan Stew Pork Belly Rice.

Anna Kitchen Canggu memiliki atmospir sangat cozy, ramah dan dilengkapi kolam renang/Foto: ist

Ada pula, aneka minuman yang menyegarkan. Menariknya, bahan-bahannya yang digunakan merupakan asli local Bali sebagai bentuk komitmen dalam membantu petani local Bali. “Bukan hanya masalah selera, tetapi kami ingin membantu kesejahteraan para petani di Bali, sehingga bahan-bahan yang digunakan berasal dari mereka,” tegasnya.

Baca Juga:  Gebogan Simbol Ketulusan Mempersembahkan Hasil Bumi Kepada Tuhan

Menu-menu yang ditawarkan dengan pilihan rasa yang mampu menyihir lidah para penikmat, termasuk para bule. Setelah Anna Kitchen dibuka langsung disambut meriah para penikmat kuliner. Itu karena mengutamakan kualitas sebagai salah satu kunci untuk menjaga kepercayaan konsumennya.

“Sebelum buka secara resmi ini, kami sudah menyapa para tamu dengan menu-menu sejak sebulan lalu. Selama sebulan itu, banyak costumer luar Bali yang datang, seperti dari Singapura, Australia, dan Malaysia. Awalnya mereka mencoba menu itu, tetapi langsung ketagihan,” ucapnya.

Menariknya lagi, palanggan yang pernah menikmati Nasi Hainan Ratnayanti dulu itu datang menumpahkan rasa kangen pada Nasi Hainan olahannya. Sebelumnya, Ratnayanti memang sempat buka Anna Kitchen di Kota Denpasar, namun tutup karena dampak pandemi.

“Kini saya buka di Canggu bekerjasama dan berkolaborasi dengan Adhya Group, perusahaan yang bergerak di industri lifestyle & placemaking. Maka penataan resto sendiri memiliki konsep seperti kedai-kedai kopi modern dan sarapan seperti di Malaysia,” imbuhnya.

Menu makanan yang ditawarkan adalah Asian food peranakan Malaysia, dengan berbagai menu masakan yang enak dan lezat. Jika dibandingkan resto sejenis, Anna Kitchen memiliki keistimewaan, authentic Malaysian food dengan specialty Nasi Hainan Chicken dan harga yang affordable.

Selain itu atmosfernya sangat cozy, dan ramah serta dilengkapi kolam renang, sehingga pengunjung benar-benar merasakan kenyaman saat menyantap hidangan. Selain itu, harga menu juga sangat terjangkau untuk masyarakat local maupun para turis.

“Pasar awalnya adalah masyarakat local, namun setelah trial ternyata ada bule pula yang hadir. Bahkan, mereka datang berkali-kali, sehingga menjadikannya pasar juga,” kata Irawan Sukma Nugraha, VP Hospitality & Placemaking Adhya Group.

Irawan Sukma Nugraha mengatakan, Adhya Group melihat potensi yang cukup besar dari Anna Kitchen untuk berkembang ditambah dengan harga yang affordable alias terjangkau. Adhya Group memang tak pernah berhenti menghasilkan berbagai kuliner dengan mutu tinggi.

Baca Juga:  Ogoh-ogoh Dibakar, Simbol Merelekan Kembali ke Unsurnya

“Kami yakin, Anna Kitchen bakal disambut meriah para penikmat kuliner. Selain itu, kualitas pun menjadi salah satu kunci utama dalam menjaga kepercayaan konsumen. Apalagi, berada di kawasan Canggu sebagai pilihan sebagai tempat berdirinya Anna Kitchen,” ucapnya..

Canggu sebagai kawasan pariwisata di Bali yang saat ini sedang berkembang pesat hingga menjadi surga bagi para wisatawan. “Bisnis kuliner cukup berkembang di sini, dengan banyaknya inovasi rasa dan penemuan resep baru,” ungkapnya.

Canggu sejak pandemic, yakni tahun 2020 berkembang sangat pesat dibandingkan daerah-daerah lain di Bali. Sampai saat ini pusat pembangunan dan pengembangan wisata di Bali adalah Canggu yang utama, sehingga potensi pasarnya sangat luar biasa di sini. [B/*]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi pariwisata dan seni budaya di Bali

Related post