January 23, 2022
Agenda

Bulan Bahasa Bali 2020 Digelar Sebulan

Bulan Bahasa Bali tahun 2020 akan berlangsung dari 1 – 27 Februari 2020. Gelaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali itu mengangkat tema “Melarapan Bulan Bahasa Bali Nyujur Atma Kertih” yang mengandung visi bagaimana cara memuliakan dan menyucikan jiwa atau atma. Sedangkan maskotnya “Manuk Dewata”, burung yang akan mengantar atma (jiwa) ke sorga. Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali tahun ini bakal melibatkan sekitar 5.000 peserta untuk seluruh rangkaian acara.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Wayan “Kun” Adnyana mengatakan, Bulan Bahasa Bali tahun ini lebih istimewa dari tahun sebelumnya yang dilaksanakan sebulan penuh. Hal ini benar-benar untuk mengimplementasikan Pergub Bali No 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali. “Gubernur Bali Wayan Koster akan membuka pada 1 Februari, bertempat di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali,” kata “Kun” Adnyana di Denpasar, Rabu (22/1).

Kadis Kun Adnyana yang saat itu didampingi Kabid Dokumentasi dan Kebudayaan Disbud Bali, AA Ngurah Bagawinata dan Kepala Seksi Inventarisasi dan Pemeliharaan Dokumentasi Budaya Made Mahesa Yuma Putra itu menambahkan, pembukaan Bulan Bahasa Bali kali ini akan semakin istimewa, karena akan diisi dengan acara Utsawa (Festival) Nyurat Lontar yang akan diikuti sebanyak 2020 peserta dari unsur mahasiswa, pelajar dan penyuluh bahasa Bali. lomba tersebut bakal berlangsung di Gedung Ksirarnawa.

Suasana pembukaan dimeriahkan sesolahan (pergelaran) berjudul “Prabu Aji Saka” yang dibawakan oleh mahasiswa-mahasiswi Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, yang menceritakan konsep mengenai lahirnya aksara Bali yang berjumlah 18 itu. Tema Atma Kertih diterjemahkan dengan 17 ragam wimbakara (lomba), 3 krialoka (workshop) dan 4 kali widyatula (diskusi) tematik berkaitan dengan tafsir dan juga referensi kepustakaan mengenai tema atma kerthi. Sementara prasara (pameran) diisi oleh sejumlah perguruan tinggi di Bali, organisasi yang menekuni bahasa Bali, dan perajin kaos Bali, uang kepeng dan dupa.

Bulan Bahasa Bali 2020 diisi dengan 12 sesolahan (pergelaran) seni sastra yang dibawakan oleh pelajar tingkat SMP, SMA dan mahasiswa di Bali. Untuk wimbakara (lomba) bisa diikuti masyarakat umum, berbasis perwakilan kabupaten/kota, yang terdiri dari wimbakara (lomba) cipta cerpen dan puisi berbahasa Bali, menggambar bertema satua Bali tingkat SD, mewarnai tingkat PAUD/TK, musikalisasi puisi, penulisan artikel berbahasa Bali, dan pidarta basa Bali tingkat mahasiswa.

Ada pula wimbakara komik “online” terkait penggunaan bahasa, aksara, dan sastra Bali di era digital saat ini, pembuatan poster online, pembuatan vlog, dan pembuatan meme berbasis bahasa, aksara, dan sastra Bali. “Pada acara penutupan, Gubernur Bali akan menyerahkan penghargaan Bali Kerthi Nugraha Mahottama kepada satu tokoh atau penggiat yang memang telah memiliki reputasi luar biasa di bidang pengembangan bahasa, aksara dan sastra Bali,” tutup Akademisi ISI Denpasar itu. (Ar)

Related Posts