October 29, 2020
Destinasi

Air Terjun Banyumala DTW Sejuk di Desa Wanagiri

Kabupaten Buleleng memang menjadi surganya air terjun. Itu, karena hampir 90% Daya Tarik Wisata (DTW) disana merupakan air terjun, sehingga sebagian besar air terjun di Bali itu berada di daerah Bali Utara. Air Terjun Banyumala salah satunya. DTW yang sangat menawan hati itu menawarkan pemandangan yang sejuk, airnya jernih dan alamnya sungguh indah. Lokasinya ada di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.

Sangat mudah untuk menemukannya, hanya perlu pergi ke Bedugul sebagai patokan utama, lalu berkendara ke arah utara lagi hingga sampai di sebuah pertigaan antara Kecamatan Busungbiu dan Kota Singaraja. Lalu, belok ke arah kiri tepat pada jalan utama di atas Danau Buyan dan Tamblingan. Selanjutnmya, perhatikan petunjuk arah pada sisi kanan jalan, lalu anda tinggal menyusuri jalan tersebut.

Air terjun Banyumala berada di dasar sebuah lembah dengan tiga sisi air terjun dan yang terbesar dan tertinggi berada tepat di tengahnya. Air terjun yang lebih kecil berada di kanan dan kiri. Tepat dibawah air terjun Banyumala terdapatlah sebuah kolam yang terbentuk secara alami dan sebenarnya inilah yang membuat air terjun ini menjadi sangat terkenal.

Airnya sangat jernih dan tenang, membuat rasa aman untuk berenang. Jika ingin melihat dasar kolam ini bisa melihat dari atas air yang jernih itu. Diameter kolam ini diperkirakan mencapai 20 meter dengan bentuk hampir bulat jadi cukup ruang untuk banyak orang berenang di dalamnya.

Kalau ada yang tidak bisa berenang, bisa memilih sisi masuk ke dalam air yang lebih dangkal dan sekalian bisa belajar berenang. Aliran air terjun tidak terlalu deras, sehingga pengunjung bisa berenang di kolam bagian bawahnya. Bisa juga bersantai di tepi kolam, jika tidak berani berenang. Kolam ini merupakan batu-batu alam yang rata, sehingga pengunjung dapat santai duduk di atas bebatuan. Pengunjung juga dapat mempersiapkan ban karet, sehingga berenang terasa lebih menyenangkan. [B*]

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *