Cancel Preloader

Kepala OPD “Ngibing”, Penonton Terhibur

 Kepala OPD “Ngibing”, Penonton Terhibur

“Ngibing”, menari bersama penari joged bumbung memang asyik. Untuk bisa menari bersama panari jogged, seseorang pengibing mesti bisa menari atau paling tidak tahu angsel dari tabuh-tabuh yang mengiringi tari joged itu. Ngibing memang biasa dilakukan oleh orang-orang desa yang memang pecinta seni. Lantas, bagaimana kalau pejabat yang ngibing? Tetap menarik. Lihat saja lomba ngibing yang pesertanya Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan. Wah, sangat menarik dan mengundang gelat tawa penonton.

Lomba ngibing untuk memeriahkan serangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 77 itu berlangsung di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Kamis 11 Agustus 2022. Peserta lomba lumayan yang diikuti oleh 31 peserta dari Kepala OPD masing-masing Dinas di lingkungan Setda Tabanan. Bahkan, melibatkan Asisten I, Asisten II dan Asisten III, dan Kadis Kebudayaan. Meski gerak tarinya tak terlalu sempurna, tetapi kreativitas menari para pejabat ini cukup menarik, sehingga tepuk tangan dari penonton bergemuruh. Gelak tawa serta support ribuan penonton yang duduk manis itu, seakan memberi semangat para pengibing.

Ngibing

Setelah dewan juri melakukan penilsaian, pemenang lomba ngibing juara I diberikan kepada Bakeuda, juara II dari Dinas Sosial, juara III dari Disnaker dan juara favorit dari Sekretariat Daerah Tabanan.

Tak hanya menghibur, lomba ngibing ini ternyata menyampaikan makna tersendiri. “Kami di Tabanan dengan Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani senantiasa membangkitkan rasa nasionalisme untuk menyemarakkan peringatan 17 Agustus yang ke 77, jadi prinsipnya, dengan diadakannya lomba ngibing ini tugas kita bagaimana melestarikan joged bumbung yang merupakan tarian pergaulan bagi masyarakat Bali khususnya para petani,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan, I Wayan Sugatra selaku pihak penyelenggara. [B/*]

Baca Juga:  Gong Peliatan dan Pinda, Dua Legendaris Bertemu di Ancak Saji Puri Agung Peliatan