Wujudkan Sustainable Tourism, SenS Hotel & Spa + Conference Ubud Town Centre Pasang Sistem Panel Surya

 Wujudkan Sustainable Tourism, SenS Hotel & Spa + Conference Ubud Town Centre Pasang Sistem Panel Surya

Sustainable tourism, sering kali dijadikan jargon untuk menarik kunjungan wisatawan. Sebab, pariwisata yang ramah lingkungan dapat mewujudkan kualitas pariwisata yang sesungguhnya. Karena itu, SenS Hotel & Spa + Conference Ubud Town Center telah memasang Sistem Panel Surya untuk mendapatkan kelistrikan, sebagai upaya menjaga alam dan lingkungan. “Kami, SenS Hotel & Spa + Conference Ubud Town Center telah memasang panel surya berskala besar pertama untuk sistem kelistrikan di Ubud,” kata General Manager, Sven Remo, Jumat 12 Agustus 2022.

SenS Hotel & Spa + Conference Ubud Town Center sudah memasang sisten panel surya sejak Februari 2015. System kelistrikan ramah lingkungan ini sebagai dukungan untuk mengurangi pemanasan global, disamping sebagai upaya menghindari dari ketergantungan listrik konvensional. “Dengan mempertimbangkan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap konsumsi dankonservasi energi, investasi tambahan pada panel surya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan untuk semua area koridor, area lanskap, dan pintu masuk utama yang mana penghematan energi yang sangat berharga telah berhasil diterapkan setiap harinya,” ungkapnya.

Manfaat dari panel maupun energi surya ini sangat dirasakannya. Sistem ini telah mampu untuk menghemat pengeluaran. Sistem ini telah menghemat lebih dari 3.500-watt energi listrik, yang setara dengan pengurangan lebih dari emisi CO2 per tahun. Panel Surya ini dimiliki dan dioperasikan oleh PT. Sutera Abadi, dan telah berkontribusi pada penghematan sekitar USD 458,72 / tahun.

Harga bahan bakar telah mempengaruhi sektor pariwisata yang cukup besar selama beberapa dekade terakhir dan solusi energy alternative, seperti panel surya akan sangat diperlukan di masa depan yang akan datang. SenS Hotel Ubud telah menetapkan target untuk mengurangi konsumsi energi pada tahun 2016 dari realisasi tahun 2015. “Kami menjadikan SenS Hotel sebagai salah satu hotel paling hemat energi di pulau ini, terutama di daerah Ubud,” harap Sven Remo.

Baca Juga:  Hidden Canyon Beji Guwang, Ukiran Dinding Sungai Proses Alami Ratusan Tahun

Hotel yang berlokasi di Jalan Sukma Kesuma No.1, Banjar Tebesaya, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar itu, selanjutnya melakukan langkah-langkah untuk pengumpulan, pembuangan, dan daur ulang sampah secara terpisah juga telah diterapkan secara konsisten sejak semua kamar hotel beroperasi secara penuh pada Juli 2015. “Kami memang memiliki program untuk pemilahan sampah, sehingga lingkungan menjadi bersih dan nyaman,” ujarnya.

SenS Hotel & Spa + Conference Ubud Town Centre merupakan hotel pertama yang menyediakan fasilitas konferensi terbesar di Peliatan – Ubud. Peliatan Ballroom dengan pre-function yang luas, memiliki daya tampung maksimum 300 orang, dengan berbagai variasi penataan ruangan. Ballroom ini sangat ideal untuk acara meeting, gathering, resepsi pernikahan dan pesta ulang tahun ataupun arisan. Selain itu tersedia juga Sukma Boardroom, ruang pertemuan yang didesain secara khusus untuk pertemuan skala kecil hingga maksimum 16 orang.

Hotel butik yang memiliki 91 kamar ini sangat nyaman dan 6 kamar premium dengan pemandangan taman dan kolam renang, serta bebas asap rokok ini (non-smoking hotel). Tempat tidur “SenS signature“ yang sangat nyaman, fasilitas modern yang fungsional, menampilkan desain yang inovatif, untuk kenyamanan maksimal pada saat anda bekerja maupun beristirahat. Jaringan WiFi tersedia di seluruh area hotel dan disediakan secara gratis bagi para tamu. Untuk tetap menjaga kebugaran anda, hotel menyediakan kolam renang yang terletak di lantai dasar dan fitness centre di lantai 2, dengan peralatan cardio maupun latihan beban. Di lokasi yang sama terdapat “SenS Spa” fasilitas spa yang menyediakan terapi reflexiology dan massage untuk relaksasi. [B/*]