Kolaborasi Ras Muhamad dan Jumat Libur Soundsystem Rilis ‘Like Summer’

 Kolaborasi Ras Muhamad dan Jumat Libur Soundsystem Rilis ‘Like Summer’

Ras Muhamad berkolaborasi dengan Jumat Libur Soundsystem rilis single terbaru bertajuk ‘Like Summer’/dok.balibalihan.

Blantika musik di tanah air kian berseri. Lagu-lagu baru yang indah dengan berbagai gendre bermunculan. Sebut saja Ras Muhamad, penyanyi reggae berbasis di Pulau Dewata merilis single terbaru bertajuk ‘Like Summer’. Boleh dibilang, single yang berkolaborasi dengan band Jumat Libur Soundsystem tergolong unik dan indah.

Like Summer tak hanya menarik karena bercerita tentang perasaan romansa, keceriaan dan sensualitas, tetapi juga diikuti dengan penggarapan video klip yang sensasional. Keunikan dan keindahan Bali sesungguhnya ada di video itu.

Ras Muhamad sangat identik dengan musik Jamaica dan black music. Kini, ia terinspirasi dengan suasana Bali yang memiliki aura ‘forever holiday’ dan ‘forever summer’. Karena itu, video klip Like Summer digarap cukup fenomenal dengan penggunaan roller skate dan motor paralayang.

“Single Like Summer ini seperti ‘single pertama’. Tema dan liriknya lebih romantis,” ujar Ras Muhamad di Kubu Kopi, Denpasar, Senin 22 Mei lalu.

Musik ‘Like Summer’ menampilkan warna berbeda di mana Ras Muhamad dan Jumat Libur Soundsystem memperpadukan afropop (genre dari Nigeria) dan juga reggae dancehall (subkultur musik Jamaika). Lirik dalam lagu tersebut pun menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia agar nuansa Nusantara tak lepas. “Afro lagi naik walaupun sebenarnya kita basic-nya reggae,” ucap Ras Muhamad.

Lagu ini menjadi lebih menarik karena konsep vintage diusung dalam penggarapan video musik seakan-akan apa yang ditampilkan dalam video klip terjadi pada era akhir ’80an- awal ’90an, tanpa gadget dan tanpa media sosial.

“Elemen yang sangat unik, dimana Like Summer menampilkan komunitas roller skate di Bali yang melakukan atraksi atau trik dan juga motor paralayang di mana Ras Muhamad perform di atas udara setinggi 120 meter,” kata Erick EST selaku penggarap video musik Like Summer.

Baca Juga:  Tampil di Sanfest 2022, Navicula Buat Penonton Keranjingan

Semua itu menjadi sebuah visual yang bisa disebut sebagai ‘stunt-performance’. Sebab, sejumlah spot-spot wisata menarik yang ada di Bali khususnya di daerah Canggu dan sekitarnya, juga menjadi pilihan dalam tayangan video.

Dalam pembuatan video klip ini, ia memang selalu memunculkan alam dan budaya Bali. “Itu karena, Bali masih banyak belum digali, sehingga masih ada hal-hal unik yang belum kita lihat,” ujarnya.

Ras Muhamad berkolaborasi dengan Jumat Libur Soundsystem rilis single terbaru bertajuk ‘Like Summer’/foto: dok balihbalihan.

Like Summer adalah single pemanasan untuk album terbaru Ras Muhamad yang rencana rilis Oktober 2023. Single berikutnya yang akan dirilis adalah ‘Sand Castles’ pada Agustus 2023. “Karya-karya tersebut akan dirilis oleh label Indie, Black Coral Music, label milik Ras Muhamad sendiri,” ucap Erik.

Video klip lagu ‘Like Summer’ seakan melihat keindahan Bali yang otentik, karena betul-betul menayangkan keunikan Bali yang terkenal sebagai tujuan wisata dunia. Panorama alam persawahan, pantai, hotel, villa dan objek wisata disajikan secara manis dan memikat. “Kami sengaja, video klip ini memunculkan alam budaya Bali, karena kami tinggal di Bali,” papar Erik.

Bali sangat unik, dan itu belum banyak yang digarap. Karena itu, dirinya bersama Jumat Libur Soundsystem meluncurkan album baru yang dibarengi dengan pembuatan video klip yang bercerita keindahan Bali.

Objek wisata yang dipilih sebagai penggarapan video klip adalah Canggu, Desa Tibubenag, Desa Cemagi dan tempat-tempat lokal spiritual di kawasan Canggu juga di areal Pantai Nelayan. “Saya lebih memilih Bali yang belum dikenal orang banyak. Kami cinta Bali yang lebih otentik. Kami juga memiliki cara tersendiri mempromosikan Bali,” pungkasnya. [B/*]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi seni budaya di Bali

Related post