Film Clekontong Mas The Movie “Nyi Rimbit” Lucu dan Mistis

 Film Clekontong Mas The Movie “Nyi Rimbit” Lucu dan Mistis

Film Clekontong Mas The Movie “Nyi Rimbit”/Foto: doc.balihbalihan.

Menonton tayangan Film Clekontong Mas The Movie “Nyi Rimbit” pasti gak bisa menahan tawa. Trio lawak Bali, Celekontong Mas yang terdiri dari Tompel (I Komang Dedi Diana), Sokir (I Ketut Gede Rudita), dan Sengap (I Nyoman Ardika) tampil dengan acting yang sangat memikat. Konyol, dan lucu.

Banyolan-banyolan yang ada, seakan sudah biasa disaksikan dalam dunia panggung, tetapi mereka kemas lebih kreatif, sehingga tetap saja mengundang gelak tawa penonton. Bahkan, ada penonton yang tertawa lebar, menggema di ruang bioskop 5 Denpasar Cineplex, tempat film itu tayang perdana, Kamis 4 Januari 2023.

Mereka mirip seperti Dono, Kasino, Indro dalam Film Warkop DKI yang setiap gaya dan actingnya selalu mengundang gelak tawa penonton. Walau demikian, Celekontong Mas ini. Mereka bukan meng-copy dari film yang sudah ada, mereka tampil dengan kekhasannya dalam dunia panggung.

Film Nyi Rimbit berkisah dari Trio Clekontong Mas yang mendapat tugas dari Jero Bendesa untuk mematai-matai, menyelidiki siapa dalang kutukan yang menimpa Desa Kalidasa. Jero Bendesa sangat khawatir, karena satu per satu warganya meninggal dunia tanpa sebab yang jelas. Tople, Sokir dan Sengap lalu berperan sebagai penari bondres untuk penyelidikan.

Film Clekontong Mas The Movie “Nyi Rimbit”/Foto: doc.balihbalihan.

Nyi Rimbit, seorang perempuan tua yang tinggal sendiri di Desa Kalidasa menjadi korban fitnah warga. Wanita tua ini memang dikenal masyarakat memiliki kesaktian. Trio Clekontong Mas yang mendadak sebagai detektif awalnya ingin menangkap Nyi Rimbit, namun justru berbalik. Mereka justru menerima ilmu pada Nyi Rimbit untuk mengungkap dalang itu.

Ketika mereka menghadap Jero Bendesa, saking tegangnya Sokir salah pencet HP, sehingga berbunyi. Ia tak bisa menghentikan suara itu, lalu disodorkan ke Tompel, dan Sengap yang tak bisa juga menghentikan. Akhirnya, suara HP itu dimatikan oleh Jero Bendesa. Adegan ini mulai menuai tawa penonton.

Baca Juga:  Penutupan Bulan Bahasa Bali 2020 Bertabur Pentas Seni

Istilah ajer Gianyar juga masuk dalam adegan itu. Demikian pula, pada saat mereka pulang usai rembug dengan Jero Bendesa lupa dengan motornya. Konyolnya lagi, mereka berapi-api menangkap Nyi Rimbit, namun tidak ada yang tahu rumahnya. Semua adegan itu, memikat kemabli untuk tertawa.

Tak kalah lucunya lagi, ketika Tompel yang badannya penuh dengan keris, Sokir yang membawa lom dan Sengap yang juga melengkapi diri dengan pistol, ketika ketemu Nyi Rimbit semua senjata tak berfungsi. Mereka kemudian melawan dengan tangan kosong, namun tak berhasil pula menangkap Nyi Rimbit.

Nyi Rimbit dan trio detektif lalu sepakat untuk diajari ilmu kesaktian menghilang yang nantinya digunakan untuk menyelidiki masyarakat yang dicurigai bikin wabah itu. Selain diajarkan ilmu kesaktian, mereka juga diberikan kesaktian berupa alat.

Film Clekontong Mas The Movie “Nyi Rimbit”/Foto: doc.balihbalihan.

Penonton yang hadir tertawa terpingkal-pingkal, bahkan mengeluarkan air mata saking lucunya. Terutama pada adegan-adegan konyol yang dilakukan Clekontong Mas itu. Meski demikian, pada adegan berikutnya penonton justru dibuat merinding karena adegan horor berasal dari kisah yang masih hidup di Bali itu.

Celekontong Mas melompat ke dunia film layar lebar mungkin, bisa disebut sebagai hal baru dalam dunia perlawakan di Pulau Dewata. Mereka yang lihai dalam dunia panggung, tak canggung berperan dalam layar lebar. Penampilannya justru mendapat apresiasi dari masyarakat Bali khususnya.

Itu karena Tompel, Sokir dan Sengap sangat cerdas dalam mengolah lawakan menjadikan mereka memiliki nilai massa tinggi sebagai komedian papan atas di Bali. Dalam layar film itu, Celekontong Mas seakan memenuhi keinginan penonton yang ingin menghadirkan komedian Bali dalam dunia layar film.

Produksi film Clekontong Mas The Movie “Nyi Rimbit” ini diproduksi sejak tahun 2019 dan rencananya dirilis 2020, namun tertunda karena Covid-19 selama 2 tahun dan paska Covid-19. Sanur Cinema Comunity (SRCO) bekerjasama dengan DNJ Production sebagai komunitas filmmaker di Bali turut andil dalam proyek ini.

Baca Juga:  Sanggar Seni Maha Widya Natya Dengan Sesolahan “Lingga Acala”

Film ini disutradarai Ida Bagus Hari Kayanan Putra dan Putra dan Bagus Windi Santika. Sementara Ketut Hery Budiyana selaku Produser. Tjok Abi seorang desainer internasional yang turut andil dalam menyajikan desain kostum para pemain.

Film ini didukung Sri Sumahardani yang dikenal sebagai The best motivator Bali, Yessy Diana penyanyi millenial yang dikenal dengan single lagu Jomblo Bag dan Ngenehang, A.A. Ayu Mas (Niang Gaul) yang berperan sebagai Nyi Rimbit.

Hadir pula Mr. Botax Bali, Gede Phai, Bayu Kramas, Yudik Darmawan, Unggit Desti, Anggin, Luh Kembung dan beberapa artis yang memiliki fans masing-masing. [B/darma]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi seni budaya di Bali

Related post