Kongres Intercolor di Bali Tetapkan Warna untuk Tren Warna Dunia

 Kongres Intercolor di Bali Tetapkan Warna untuk Tren Warna Dunia

Indonesia yang kali pertama sebagai tuan rumah Kongres Intercolor. Pertemuan ini berlangsung di Bali, mulai 22 – 24 Mei 2024. Sejumlah industri, seperti tekstil, otomotif, desain interior, dan kosmetik membicarakan tren warna dunia untuk menjadi inspirasi inovasi terbaru mereka.

“Panduan tren warna untuk dua tahun mendatang secara resmi diumumkan Intercolor sebagai lembaga nonprofit dunia sebanyak dua kali dalam setahun,” kata President of Intercolor, Marie-Louise saat konferensi pers di Titik Dua Hotel, Rabu 22 Mei 2024.

Pengumuman dua kali setahun itu, tepatnya untuk musim semi/panas dan musim dingin/gugur. Hasil dari penentuan warna oleh Intercolor ini, menjadi referensi di berbagai negara, termasuk Indonesia.

“Intercolor merupakan sebuah platform yang diiniasiasi oleh pakar warna internasional yang dibentuk pada tahun 1963,” Marie-Louise.

Baca Juga:  Sejumlah Petarung Muay Thai Rebut Sabuk Kejuaran Nasional di Ajang Summer Fights

Intercolor beranggotakan kelompok ahli warna dari berbagai disiplin, mewakili asosiasi nasional dan konsultan yang bekerja untuk pemain global dalam industri kosmetik, otomotif, tekstil, fashion dan desain produk.

Sejak November 2018 Indonesia bisa ikut menentukan tren warna dunia karena resmi bergabung dengan Intercolor. Indonesia, melalui Martha Tilaar Innovation Centre (MTIC) yang membawa nama Martha Tilaar Foundation resmi diterima menjadi anggota Intercolor ke-17.

CEO Martha Tilaar Group, Dr. Kilala Tilaar mengatakan, Indonesia memiliki jumlah penduduk sangat besar, yaitu 270 juta orang dan tingkat keanekaragaman tinggi mencakup 17.508 pulau, 300 suku bangsa, dan 748 bahasa.

Tentu saja, Indonesia memiliki sumber daya alam luar biasa yang dapat menjadi sumber inspirasi sangat kaya bagi tren warna dunia. Inilah yang menjadi kekuatan berpengaruhnya Indonesia terhadap tren warna dunia.

Baca Juga:  Seminar Jajan Tradisional Kaliadrem, Siap Menjadi Oleh-oleh Kota Denpasar

Bergabungnya Indonesia ke organisasi Intercolor memiliki dampak positif bagi perkembangan industri kosmetik Indonesia. Melalui MTIC, energi Indonesia dituangkan ke dalam bentuk warna-warni yang akan diusulkan ke Intercolor.

Dalam proses penentuan tren warna dunia, tiap negara mengajukan sekitar 3-4 mood board pengembangan ide sebagai tema turunan dari tema besar yang ditentukan Intercolor melalui kongres.

“Di Bulan Mei 2024 ini, Indonesia menjadi tuan rumah kongres Intercolor yang akan diselenggarakan di pulau Dewata, Bali untuk membahas warna Spring/Summer 2026,” papar Dr. Kilala Tilaar.

Di kongres Intercolor, tiap negara wajib mempresentasikan mood board yang merupakan proposal konsep dan warna untuk 2 tahun mendatang. Tiap negara biasanya mempresentaskan mood board yang memuat narasi, diskripsi, visual dan contoh warna.

Baca Juga:  “Ubud Folkfest” Musisi dan Seniman Dunia Tampil di Ubud

Semua mood board ini lalu dikategorikan berdasarkan kelompok warna untuk didiskusikan bersama secara berkelompok hingga tercipta suatu konsesus bersama, baik secara visual maupun secara konsepsual.

Hasilnya, akan disosialisasikan untuk dipakai sebagai acuan di setiap industri terkait. Tiap negara akan menyesuaikan warna yang ditentukan dengan turunannya.

“Dengan keterlibatan MTIC pada Intercolor dalam penentuan tren warna, kami berharap bisa menjadi ajang pembuktian diri kepada dunia tentang kekayaan bangsa yang beragam melalui warna-warna yang menginspirasi secara global,” paparnya.

Di dalam negeri pun kami akan merangkul organisasi, institusi negara, dan perusahaan kosmetik Indonesia lainnya untuk bisa bersama membangun tren warna berkolaborasi menggali warna Indonesia untuk menjadi inspirasi dunia,” jelas Dr. Kilala Tilaar.

Kongres Intercolor yang dilaksanakan di Bali kali ini diharapkan dapat menghadirkan wawasan dan pengetahuan baru, serta output yang bermanfaat bagi semua member yang bisa membuka peluang dan kesempatan baru untuk berkolaborasi dan berkarya bersama. [B/*]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi seni budaya di Bali

Related post