Bali Calendar of Events 2024: Diawali Penglipuran Village Festival hingga Medewi Beach Festival

 Bali Calendar of Events 2024: Diawali Penglipuran Village Festival hingga Medewi Beach Festival

Penglipuran Village Festival yang dijadwalkan 4 – 7 Juli 2024/Foto: ist

Bali Calendar of Events tahun 2024, khusus untuk bulan Juli – Agustus, diawali dengan pembukaan Penglipuran Village Festival. Penglipuran Village Festival yang dijadwalkan 4 – 7 Juli 2024 ini. Berbagai atraksi budaya disajikan dalam festival ini.

Penglipuran Village Festival merupakan ajang promosi, pelestarian budaya, pelestarian alam, serta memberikan peluang kepada Usaha Mikri Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berinovasi dan berkreatifitas untuk meningkatkan kesejahteraan.

Penglipuran Village Festival, event itu pun tercatat dalam Bali Calendar of Events tahun 2024, yang bisa menjadi pilihan saat wisatawan berencana untuk berlibur ke pulau yang juga berjuluk The Last Paradise in The World.

“Penyusunan Bali Calendar of Events tahun 2024 bertujuan untuk memberikan informasi dan juga referensi kepada wisatawan tentang events yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2024,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun, Kamis 4 Juli 2024.

Baca Juga:  The Nusa Dua Sambut Pergantian Tahun dengan Sejumlah Event. Ini Rinciannya

Selanjutnya, adalah Semarak Pandawa pada 5 – 7 Juli 2024. Ajang ini menyajikan pertunjukan seni musik dan tari. Paling unik, yakni festival dari rumput laut khas Pantai Pandawa Bali. semua itu, bakal disajikan dalam event ini. “Ada juga atraksi kebudayaan Bali,” imbuh Tjok Bagus.

Berikutnya, Bali Kite Festival yang akan berlangsung di Pantai Sanur pada tanggal 20-21 Juli 2024. Festival diselenggarakan oleh Komunitas Seni Layangan Bali. Tujuannya, untuk meningkatkan seni dan kreativitas para pemuda Bali dalam pembuatan layang-layang.

Selain itu, Bali Kite Festival juga menyelenggarakan lomba yang memperebutkan Piala Gubernur. Selain untuk berkompetisi, festival ini sebagai upata melestarikan kegiatan rare angon di Bali. “Ribuan layangan bakal menghiasi langit Pantai Sanur,” ungkapnya.

Kemudian, Paradise Island Clothing Association Festival (PICA – Fest). Festival ini merupakan event clothing terbesar di Bali. Dalam festival ini tidak hanya ada 100 booth clothing saja melainkan ada konser music dengan 100 penampil dari local Bali dan nasional.

Baca Juga:  Merayakan Hari Kasih Sayang Bersama Artotel Group. Pasti Lebih Berkesan! 

Ada komunitas lokal dan juga terdapat 100 booth yang menyuguhkan kuliner Bali. festival ini bakal digelar pada bulan Juli yang masih dalam suasana libut.

Sementara di Gianyar, bakal digelar Mas Village Festival pada bulan Juli ini. Festival ini bertujuan untuk mengangkat nama Desa Mas sebagai Promosi Desa Wisata, sehingga dapat membangkitkan potensi ekonomi dan kearifan lokal yang ada di desa.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memajukan perekonomian masyarakat. Pada pelaksanaan kegiatan akan diadakan beberapa lomba dan pentas seni budaya serta pameran UMKM yang menjadi rangkaian ddari kegiatan itu,” lanjut Tjok Bagus.

Sedangkan events di bulan Agustus bakal diawali dengan Ubud Village Jazz Festival (UVJF) di Gianyar. UVJF merupakan festival musik yang lahir dari idealisme komunitas Jazz di Bali. Selain menjadi festival musik, acara ini sebagai upaya mewujudkan daya tarik wisata baru di Bali.

Baca Juga:  Wujudkan Sustainable Tourism, SenS Hotel & Spa + Conference Ubud Town Centre Pasang Sistem Panel Surya

Dalam festival ini akan banyak dihadiri artis-artis nasional hingga internasional yang bakal mengisi acara. Festival ini rencanakan akan berlangsung di Sthala Ubud, Gianyar, sebuah resort megah dan menawan.

Gianyar Layang- layang Festival akan berlangsung pada 4 Agustus 2024. Festival ini bertujuan untuk menyediakan tempat bagi para pecinta layang layang dalam menyalurkan bakat dan kreativitas. Events ini bakal berlangsung di Pantai Masceti, Gianyar.

Lalu, bergeser kembali ke Sanur, yang bakal menggelar Rare Angon Kite Festival, 15 -18 Agustus 2024. Festival ini menyajikan layang-layang tradisional hingga modern yang bakal menghiasi Pantai Sanur.

Selanjutnya menuju ke Bali Barat, yakni Medewi Beach Festival. Ajang ini akan digelar pada 9 – 11 Agustus 2024. Festival di Kabupaten Jembrana ini merupakan rangkaian kegiatan (event) yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.

Baca Juga:  The HAVEN SUITES Bali Berawa Kreasikan Sampah Kayu sebagai Pohon Natal

Menariknya, masyarakat Desa Medewi sepakat, event ini salah satu penunjang kepariwisataan yang harus didukung penuh dan disukseskan secara gotong royong. Medewi Beach Festival menampilkan atraksi kebudayaan.

Nah, untuk pelaksanaan festival tahun ini akan mengambil inspirasi tentang value laut sebagai salah satu sumber kehidupan. [B/*]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi seni budaya di Bali

Related post