The 1O1 Bali Fontana Seminyak Melepas Tukik untuk Menjaga Lingkungan

 The 1O1 Bali Fontana Seminyak Melepas Tukik untuk Menjaga Lingkungan

The 1O1 Bali Fontana Seminyak melepas tukik di Pantai Kuta/Foto: ist

Sadar akan pentingnya lingkungan, prengelola hotel di Bali beramai-ramai menjaga ekosistem dengan baik. Menjaga kualitas pelayanan tetap jalan, namun lingkungan mesti tetap asri, sehingga wisatawan tetap merasa nyaman ketika berwisata di Bali.

Salag satu hotel yang konsiten peduli dengan lingkungan adalah The 1O1 Bali Fontana Seminyak. Kemarin, hotel yang terletak di Jalan Dewi Sri No.68, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali itu beramai-ramai melepas tukik di Pantai Kuta, Selasa 27 Agustus 2024.

Pelepasa penyu itu menjadi atraksi wisata yang sangat memikat. Sebab, kegiatan ini tak hanya melibatkan para syaf dan karyawan, tetapi juga wisatawan yang sedang berwisata di Bali. Mereka bahkan, tampak serius ikut melepas hewan berkaki empat itu ke laut.

Baca Juga:  The Stones Hotel Rayakan Anniversary ke-11 dengan Memadukan Seni, Budaya Bali dan Indonesia

Penyu memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem laut agar tetap sehat. Sayangnya, populasi penyu saat ini menghadapi ancaman kepunahan, sehingga penyu menjadikan salah satu spesies yang dilindungi.

Untuk pelepasan tukik kali ini, The 1O1 Bali Fontana Seminyak bekerja sama dengan penangkaran penyu di Pantai Kuta, Bali yang melepasliar bayi penyu ke laut. “Ini, sebagai bentuk komitmen kami terhadap kelestarian lingkungan,“ tegas Karta.

Karta mengatakan, inisiatif ini tidak hanya berkontribusi pada pelestarian spesies tersebut, tetapi juga memperkuat ekosistem laut yang menjadi habitat bagi berbagai makhluk hidup lainnya. Jika penyu ini punah dan tidak ada, maka ada ekosistem kehidupan akan terputus pula.

Baca Juga:  Turis Asing Ramai-ramai Melepas Tukik di Pantai Keramas

Tukik yang dilepaskan adalah penyu lekang (Lepidochelys olivacea), jenis penyu terkecil di Indonesia. Penyu lekang dapat dikenali dari warna hijau buah zaitunnya dan bentuk karapas yang menyerupai hati saat dilihat dari atas.

Tujuan dari pelepasan tukik ini adalah untuk menjaga dan meningkatkan populasi penyu, yang saat ini tergolong dalam kategori spesies terancam punah. “Ini komitmen The 1O1 Bali Fontana Seminyak untuk tidak hanya berfokus pada sektor bisnis saja, tetapi peduli pada lingkungan,” imbuhnya.

Karta menyadari, bahwa keseimbangan antara bisnis dan kelestarian lingkungan sangat penting untuk masa depan pariwisata Bali yang lebih baik bagi generasi mendatang. Maka itu, kegiatan peduli lingkungan menjadi program yang selalu ada.

Baca Juga:  'Asian Mix Delight' dan 'Cucumber Twist', Kreasi Makanan Baru Noodles Now

“Kegiatan ini sebenarnya rutin kami lakukan setiap tahun, namun sempat terhenti selama pandemi dan baru dijalankan kembali pada tahun 2024 ini,” tambah pria yang aktif dalam organisasi pariwisata ini serius.

The 1O1 Bali Fontana Seminyak adalah hotel yang berkomitmen untuk memberikan pengalaman menginap yang tidak hanya nyaman, tetapi juga bertanggung jawab terhadap lingkungan. Termasuk budaya, sehingga hotel ini menawarkan kenyamanan modern dengan sentuhan budaya dan keramahan khas Bali. [B/*/puspa]

Balih

Balihbalihan merupakan website yang membahas seputar informasi pariwisata dan seni budaya di Bali

Related post