Suasana Hari Batik Nasional di Sanctoo Suites & Villas

 Suasana Hari Batik Nasional di Sanctoo Suites & Villas

Suasana Sanctoo Suites & Villas, Minggu 2 Oktober 2022 begitu cerah. Senyum para staff dan karyawan tampak sumringah, seakan memberi warna tersendiri pada hari itu. Busana yang mereka pakai juga sangat indah, seindah resor yang terletak di Singapadu, Kabupatenm Gianyar itu. Maklum, pada hari itu Sanctoo Suites & Villas turut serta meramaikan Hari Batik Nasional dengan mengenakan pakaian batik. “Ini cara yang simple untuk mengenalkan kepada tamu yang menginap di Sanctoo akan kekayaan non-bendawi Bangsa Indonesia satu ini,” kata General Manager Sanctoo Suites & Villas, Subali Adi Putra.

Memakai busana batik pada hari batik ini, jelas Subali Adi Putra merupakan sebuah kesempatan yang baik untuk menunjukkan warisan leluhur yang dahulu kala hanya dinikmati oleh keluarga kerajaan, dan kini kesenian batik adalah kekayaan bersama masyarakat Indonesia. Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi pada tanggal 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan itu secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia. “Kami sangat bangga menunjukkan, batik adalah bagian dari Indonesia dan merupakan warisan nasional yang patut dilestarikan,” tegas pria kalem ini.

Subali Adi Putra menegaskan, selain memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh setahun sekali, hal ini juga sebagai cara Sanctoo untuk melestarikan kekayaan budaya Indonesia. “Semua itu bisa dilakukan dengan memakai batik setiap Hari Jumat saat jam kerja,” papar Subali Adi Putra tersenyum bangga. [B/*]

Baca Juga:  “A Journey to Bali Tempo Doeloe” Sajian Seni Kreatif Akhir Tahun di Sanctoo Suites & Villas