October 29, 2020
Destinasi

Mengenal Satwa Indonesia, India dan Afrika di Bali Safari & Marine Park

Belum memiliki tempat wisata?

Ayo… berwisata ke Bali Safari & Marine Park. Daya Tarik Wisata yang terletak di Jl. By Pass Prof. Ida Bagus Mantra Gianyar itu sudah dibuka kembali sejak tanggal 9 Juli 2020. Namun, ada yang berbeda dari sebelumnya, yakni Bali Safari Park menerapkan protokol kesehatan sesuai standar pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19. “Kami juga sudah diverifikasi tatanan kehidupan era baru, new normal dari pemerintah serta telah mengantongi sertifikatnya,” kata Marketing Manager Bali Safari Marine Park, Inneke Ficianirum, Sabtu 7 September 2020.

DTW yang terletak ditiga desa di Kabupaten Gianyar, yaitu Desa Lebih, Serongga dan Desa Medahan itu memiliki berbagai jenis satwa langka yang berasal dari 3 negara, yaitu Indonesia, India dan Afrika. Diatas areal seluas 40 hektar itu memiliki sebanyak 114 species satwa, dan sebanyak 400 ekor satwa langka berasal dari Indonesia, diantanya Jalak Putih, Burung Hantu, Tapir, Buaya, Babi Rusa dan Harimau Sumatra. “Kami menyediakan dua paket domestik yang bisa dipilih sesuai keinginan, yaitu Safari Explorer dan Safari Explorer ditambah lunch,” ujarnya.


Mengenal Satwa Indonesia, India dan Afrika di Bali Safari & Marine Park


Satwa yang dari Negara India, antara lain Rusa Tutul, Beruang Himalaya, Nilgai dan Black Buck. Sementara, satwa langka dari Afrika juga tidak ketinggalan, seperti Kuda Nil, Burung Unta, Singa, Babbon, Zebra dan Blue Wildebeest. “Jika para pengunjung mempunyai pertanyaan tentang Bali Safari Park, seperti jadwal show dan aktivitas di dalam park bisa menanyakan di informasi center,” imbuh Inneke yang saat itu didampingi Publik Relation, Lia.

Dimasa pendemi ini, para pengunjung diwajibkan mencuci tangan sebelum memasuki areal kawasan wisata sebagai cara menjamin kenyamanan pengunjung. Team security, lalu melakukan pengecekan suhu serta barang bawaan. Pengunjung kemudian akan diantar dengan bus untuk memasuki Park. Pengunjung kemudian akan diantar dengan bus untuk memasuki kawasan Park. Bus akan membawa pengunjung ke terminal Bali. “Bali Safari Marine Park juga sudah menyediakan kurang lebih 100 titik tempat cuci tangan dan handsanitiser guna meminimalisir penyebaran Virus Corona,” jelasnya

Setelah berjalan melintasi jembatan naga dan kolam ikan, maka pengunjung akan tiba di lobby Barong. Di sisi kanan, terdapat fresh water aquarium (spesies ikan), dan pukul 10:00 ada kegiatan memberi makan piranha oleh keeper. Disebelah kiri, pengunjung dapat melihat beberapa jenis burung, seperti cendrawasih dan Hornbill. Sementara pas di depan pengunjung dapat melihat Macan Tutul Jawa dan Buaya Senyulong. Namun, sebelum menyaksikan pertunjukan Harimau Sumatra, pengunjung dapat mengunjungi Bale Banjar untuk melihat beberapa kegiatan budaya Bali, seperti sabung ayam, proses pembuatan canang.


Mengenal Satwa Indonesia, India dan Afrika di Bali Safari & Marine Park


Selanjutnya menuju ke panggung Harimau untuk menyaksikan pertunjukan Harimau Sumatra pada pukul 11:15 Wita. Setelah itu, dapat melanjutkan petualangan dengan safari journey, dimulai dari terminal Toraja lalu diajak berkeliling dengan tram melihat satwa-satwa dari dua wilayah yaitu Indonesia, India dan Afrika. Selanjutnya, untuk makan siang bertempat di Tsavo Lion Restaurant yang dapat memberikan pengalaman bersantap yang wajib dicoba saat mengunjungi Bali Safari & Marine Park. Pilihlah tempat duduk dekat jendela, sehingga bisa makan sambil melihat kegagahan singa yang menakjubkan di habitatnya.

Jangan lupa untuk melihat ke luar jendela saat mengunjungi kamar kecil dan melihat salah satu singa dari dekat. Pengalaman bersantap yang menyenangkan dengan nuansa Safari sejati. Selesai makan siang, kemudian menyaksikan pertunjukkan Gajah pukul 13.00 Wita di panggung gajah.
Jika ingin lebih dekat dengan binatang, pengunjung bisa memilih Safari Journey by Jeep 4×4. “Setelah seharian berkeliling, silakan datang ke waterpark untuk beristirahat di pinggir kolam atau berenang agar tubuh dan pikiran Anda segar kembali,” ajaknya.


Mengenal Satwa Indonesia, India dan Afrika di Bali Safari & Marine Park


Atraksi wisata yang ditawarkan sangat beragam. Ada Komodo Feeding setiap Monday Only, pukiul 14.00 wita. Sementara untuk Everyday Activities mulai dari First Tram Safari Journey, Elephant Exercise @Panorama, Piranha feeding by keeper, Petting Zoo Feeding, Meerkat Feeding (Additional Charge), Big Cat Show, Elephant Bathing & Feeding, White Tiger Feeding by keeper, White Tiger Encounter, Tsavo Lion Feeding, Elephant Show, Tsavo Lion Feeding, Elephant Encounter @Kampung Gajah, Elephant Exercise @panorama, Tiger Exercise, White Tiger Feeding by keeper, Animal Show, dan Last Tram Safari Journey

Sedangkan atraksi Weekend yaitu Elephant Parade (BOH-TU-Main Entrance), Meerkat Feeding (Additional Charge), Meerkat Feeding (Additional Charge), Elephant Bathing & Feeding, Binturong Encounter. Pengunjung Bali Safari Marine Park dapat melihat berbagai macam pertunjukan yang disediakan dalam waktu yang sudah ditentukan. Sedikit ada perubahan yaitu pertunjukan Bali Agung untuk sementara dihentikan. “Kami memberikan harga tiket weekdays, Senin sampai Jumat 125K untuk dewasa dan 95K untuk anak-anak. Sementara harga tiket weekend dan public holiday dewasa 150K dan anak 120K. Ada pula promo beli tiketnya sekarang dan bisa digunakan tahun depan hingga Desember 2021 dengan harga Rp 110 ribu untuk dewasa dan Rp 90 ribu anak-anak. [B/*]

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *