Festival Ogoh-ogoh GWK Terbaik Jadi Daya Tarik Wisatawan

 Festival Ogoh-ogoh GWK Terbaik Jadi Daya Tarik Wisatawan

Festival Dresta Lango Ogoh-ogoh GWK Cultural Park 2023.

Senang dan gembira ria. Itulah yang tampak pada wajah wisatawan saat berfoto di depan ogoh-ogoh berbagai bentuk di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park. Ogoh-ogoh yang merupakan karya seni patung dalam kebudayaan Bali itu menjadi salah satu ciri khas karya seni masyarakat Bali menjadi daya tarik wisatawan.

Pengunjung sangat antosias mendapatkan hiburan seni budaya ini. Karena itu, hampir semua pengunjung mengeluarkan hand pone untuk dapat mengabadikan diri berlatar bekalang karya seni paling unik itu.

Ogoh-ogoh itu merupakan bagian dari Festival Ogoh-ogoh 2023 ke-4 yang digelar GWK Cultural Park berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Badung. Festival yang mengusung tema “Festival Ogoh-ogoh Dresta Lango Superstar GWK 2023” itu menyajikan lomba dan pagelaran Ogoh-ogoh terbaik se-Kabupaten Badung, pada 26 Maret 2023. Festival Dresta Lango Ogoh-ogoh ini melibatkan ribuan penari dan penabuh dengan berbagai kreativitas seni yang tinggi.

Baca Juga:  Bali Live On Nature Episode 3 | Taman Ujung Sukasada Karangasem - Bali

Masing-masing ogoh-ogoh tampil dengan pendukung seni tari dan tabuh, sehingga menjadi sajian seni yang sangat meriah. Kisah dan tema yang diangkat sangat beragam, dan masing-masing peserta memiliki keunggulan. Kemeriahan dari lomba itu, kemudian ditutup dengan pengumuman lomba.

Untuk Juara I diraih Sekaa Teruna (ST) Widya Dharma, Br. Tengah Pecatu, Juara II diraih ST Tunas Remaja, Br. U0umahanyar, Penarungan, Juara III diraih ST Dipa Bhuana Chanti, Br. Basangkasa Kerobokan, serta Juara Favorit diraih ST. Eka Karma, Br. Pemamoran Kuta.

Karya seni ogoh-ogoh itu, tak hanya disajikan dengan seni pertunjukan, tetapi juga dipamerkan di area Lotus Pond kawasan Garuda Wisnu Kencana dan akan berlangsung mulai tanggal 27 Maret – 23 April 2023.  Sebagai acara puncak, wisatawan aka dihibur dengan pertunjukan seni kolosal ogoh-ogoh yang digelar pada tanggal 23 April 2023 pukul 18.00 WITA.

“Pertunjukan ini menampilkan kolaborasi pawai ogoh-ogoh bersama ratusan seniman, penabuh, dan penari,” kata Direktur Operasional GWK Stefanus Yonathan Astayasa, Minggu 26 Maret 2023.

Baca Juga:  Drama Gong Lawas Sajikan “Dukuh Suladri”, Ajang Reuni Sampaikan Pesan Etika Kehidupan

Antusiasme masyarakat dan wisatawan yang terus meningkat setiap tahun akan disambut dengan tangan terbuka dalam Festival Ogoh-ogoh 2023 kali ini. Ogoh-ogoh sebagai ikon destinasi wisata seni dan budaya nomor satu di Bali.

Karena itu, GWK membuktikan secara nyata dukungannya dalam pelestarian karya seni dan Budaya Bali dengan mengadakan event Festival Ogoh-ogoh secara berkesinambungan di setiap tahunnya. “Dalam pameran ogoh-ogoh ini menampilkan 10 karya seni ogoh-ogoh dari 10 besar pemenang Lomba Ogoh-ogoh Dresta Lango Kabupaten Badung tahun 2023,” ucapnya.

Lomba dan pameran ogoh-ogoh ini digelar agar karya seni ogoh-ogoh ini bisa diperkenalkan dan dinikmati oleh seluruh pengunjung GWK Cultural Park. Pada acara penutupan pada tanggal 23 April 2023 mendatang, akan adakan pagelaran kolosal ogoh-ogoh yang akan melibatkan ratusan seniman muda dari Sekeha Teruna di seluruh Bali yang akan dilaksanakan di area Festival Park-Kawasan GWK Cultural Park.

“Saya melihat begitu banyak antusias dari para seniman karena momen ini sangat ditunggu. Begitu banyak penonton dan pendukung dari sekaa teruna dan turis domestik yang ingin melihat kebudayaan Bali,” imbuhnya.

Baca Juga:  Karang Taruna Kuta Selatan Gelar Lomba Ogoh-Ogoh Mini dan Tapel Ogoh-Ogoh

Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung membuka acara Festival Dresta Lango Ogoh-ogoh itu memberikan apresiasi kepada GWK yang sudah menyediakan tempat untuk Festival Dresta Lango ogoh-ogoh di Kabupaten Badung.

Ini membuktikan bahwa ogoh ogoh memiliki prestasi tersendiri di Kabupaten Badung dan seluruh Sekaa Teruna di Badung sangat melestarikan tradisi budaya menjelang Nyepi. “Terima kasih kepada pihak GWK karena sudah memberikan kesempatan kepada adik-adik Sekaa Teruna yang ogoh-ogohnya tampil di GWK ini,” katanya.

GWK sudah membuktikan kepada kita semua bahwa ogoh-ogoh memiliki prestasi dan dibuatkan ajang dalam Festival Dresta Lango 2023. Ini menunjukkan bahwa GWK dan seluruh keluarga besar sangat melestarikan budaya kita. “Saya akan terus mendukung dan kedepan Kadis Kebudayaan perlu dipikirkan lagi agar event seperti ini dilaksanakan oleh Pemkab Badung dengan hadiah yang lebih besar lagi,” ujarnya. [B/*]